Keindahan Goa Giri Putri Nusa Penida

0 35

Goa Giri Putri Nusa Penida

Goa Giri Putri ini merupakan salah satu goa terbesar yang ada di Nusa Penida. Berada pada ketinggian 150 meter di atas permukaan laut serta panjang sekitar 310 meter, Pura Goa Giri Putri tak pernah sepi pengunjung. Selain para umat yang ingin melakukan sembahyang, wisatawan yang datang baik domestik ataupun mancanegara kebanyakan ingin mengetahui lebih jauh tentang ritual keagamaan yang dilakukan serta suasana sakral di dalam goa.

  

Pura Goa Giri Putri Nusa Penida berasal dari kata “giri” yang berarti bukit atau gunung serta kata “putri” yang berarti wanita. Dalam ajaran agama Hindu, putri adalah bentuk simbolis dari kekuatan dewa. Karena goa suci ini merupakan tempat pemujaan Siwa berupa manifestasi dewi yang bersifat merawat, melindungi serta mencintai manusia sehingga nama Giri Putri disematkan untuk nama goa.

Keunikan Pura Goa Giri Putri Nusa Penida

Selain sebagai tempat sembahyang, umat Hindu percaya air yang mengalir dari sumber mata air di Pura Goa Giri Putri ini mengandung kekuatan alami yang dapat menyembuhkan penyakit. Umat Hindu sering memohon Tirta Pangelukatan serta dibawa pulang untuk pengobatan kerabat atau keluarga yang sakit melalui cara melukat. Karena lokasinya suci dan disakralkan, wanita yang sedang haid tidak diperbolehkan untuk memasuki areal goa. Pengunjung juga harus memakai sarung dan selendang ketika memasuki goa serta harus menjaga ucapan dan tingkah laku.

Akses Jalan Pura Goa Giri Putri Nusa Penida

Untuk menuju lokasi goa tidaklah mudah. Anda harus terlebih dahulu mendaki 110 anak tangga hingga sampai di mulut goa. Jangan dikira Goa Giri Putri memiliki mulut goa yang lebar dan besar. Bahkan untuk masuk ke dalam goa membutuhkan perjuangan karena mulut goanya hanya selebar 80 centimeter serta berlekuk-lekuk. Di sinilah letak keseruan memasuki Pura Goa Giri Putri Nusa Penida ini. Pengunjung harus tetap merunduk serta jalan berjongkok sepanjang 3 meter untuk sampai di lokasi tengah goa. Setelah berjalan jongkok, Anda akan menemukan ruangan yang luas dan lebar. Sangat tak dinyana, dari luar tampak sempit karena mulut goa sangat kecil. Namun ternyata di dalam goa dapat menampung hingga 5000 orang.

Di dalam goa tampak stalaktit serta stalagmit yang menghiasi seluruh ruangan goa, menambah kesah indah yang luar biasa. Sudah terdapat penerangan lampu-lampu kecil di beberapa lokasi gua, namun masih ada beberapa tempat yang gelap karena memang digunakan sebagai tempat meditasi. Di sisi penghujung goa, terdapat kursi-kursi panjang terbuat dari batu dengan patung-patung dewa di hadapan sebagai tempat pemujaan. Di sinilah biasanya upacara keagamaan dilakukan. Setelah berjalan sekitar 100 meter, tampak pintu keluar goa yang lebar dan tidak sempit seperti pintu masuk. Pura Goa Giri Putri terletak di Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Bisa ditempuh dalam 20 menit perjalanan ke arah timur dari Pelabuhan Sampalan Nusa Penida.

Source https://www.kintamani.id https://www.kintamani.id/pura-goa-giri-putri-nusa-penida-pura-unik-berada-gua-001322.html
Comments
Loading...