Keindahan Goa Cerme di Gunungkidul

0 43

Goa Cerme

Goa yang terletak di perbatasan Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul dengan Dusun Ploso, Desa Giritirto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta ini dulunya merupakan tempat pertemuan para Walisongo untuk membahas dakwah Islam dan membahas pendirian Masjid Agung Demak.

Goa Cerme berada di ketinggian sekitar 500 mdpl. Tidak hanya menawarkan keindahan stalagtit dan stalagmite saja, tetapi juga air terjun dan sungai bawah tanah yang mengalir di sepanjang goa. Goa cerme sendiri memiliki panjang 1,5 km dengan mulut gua berada di Bantul sedangkan pintu keluar berada di Gunungkidul.

Sebelum masuk Goa Cerme diharuskan untuk melapor terlebih dahulu kepada pemandu karena terdapat percabangan yang membuat bingung di dalam gua. Untuk menelusuri Goa Cerme juga diperlukan beberapa perlengkapan yang bisa dipinjam dari tempat penyewaan di sekitar lokasi. Selama menelusuri gua, pengunjung disarankan untuk mengikuti pemandu yang berada di depan barisan karena ada beberapa titik yang cukup dalam.

Di dalam gua, selain dapat menikmati keindahan ornament dinding gua yang bersinar ketika disinari lampu senter, pengunjung juga bisa melihatnya goa yang sering dijadikan tempat bertapa. Bahkan jika beruntung, bukan tidak mungkin menemukan orang yang sedang bertapa. Sehingga tidak heran juga ketika di dalam goa akan tercium bau wangi dari dupa dan kemenyan.

Penelusuran sungai goa bawah tanah ini tidak memakai pelampung seperti di kalisuci. Karena itu pengunjung yang datang disarankan membawa baju ganti karena di beberapa titik ketinggian air bisa mencapai pinggang-dada orang dewasa. Jangan kaget pula ketika melihat orang beraktivitas di sekitar goa karena mereka juga menggunakan air goa untuk melakukan aktivitas sehari-hari terutama mencuci pakaian.

Lokasi Goa Cerme berada di area perbukitan sebelah selatan Imogiri. Rute dari kota Yogyakarta ke arah selatan melewati Terminal Giwangan dan Jalan Imogiri Timur. Selanjutnya ikuti jalan menuju ke arah Siluk/Selopamioro. Setelah melewati jembatan Sungai Oyo Siluk akan menemui persimpangan jalan, pilihlah jalan ke arah kanan. Beberapa meter berselang ada simpangan lagi pilih ke arah kiri/lurus dengan kondisi jalan naik. Ikuti jalan tersebut hingga ujung atau area parkir wisata Goa Cerme.

Source https://visitingjogja.com https://visitingjogja.com/12579/goa-cerme/
Comments
Loading...