Keindahan di Kampung Wisata Kungkuk, Kota Batu

0 51

Kampung Wisata Kungkuk

Kampung Wisata Kungkuk memiliki suasana alam yang  sangat alami dan eksotik. Udaranya yang segar dan sejuk serta pemandangan alamnya yang sangat indah siap memanjakan mata traveler. Tak hanya itu, traveler juga bisa menikmati panorama lembah, hutan, kawasan pertanian maupun pemukiman penduduk pedesaan. Pohon-pohon pinus berjajar seakan membatasi wilayah kampung dengan hutan di perbukitan.

Kampung Wisata ini terletak di Dusun Kungkuk, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu. Letaknya di bagian barat Desa Punten dan diapit oleh Gunung Panderman di sebelah selatan serta Gunung Arjuno di sebelah utara. Berjarak sekitar 6 km dari pusat kota Batu, kampung ini berada di ketinggian 950 mdpl dengan luas 14 hektar serta areal hutan 125 hektar.

Selain menghadirkan pesona alam menakjubkan, Kampung wisata ini juga sangat cocok bagi penggemar outbond, perkemahan, flying fox, olahraga gunung, sepeda gunung, mobil gunung, dan lain-lain. Kampung wisata ini menyediakan dua area camping dan outbond. Pertama, terletak di samping gazebo dengan panorama alam yang lebih terbuka. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati keindahan alam Kampung Wisata Kungkuk sambil berkuda dengan harga yang sangat terjangkau.

Dari sebelah utara, traveler bisa menikmati paket wisata petik apel. Dari sebelah selatan terdapat paket wisata petik jeruk. Di seebelah barat, traveler bisa menikmati paket wisata sekolah alam tentang cara menanam, merawat, dan memanen tanaman. Sedangkan sebelah timur terdapat homestay dan perkampungan penduduk.

Selain menikmati panorama alamnya, traveler juga dapat belajar beberapa adat budaya dan ciri khas Desa Punten seperti atraksi Tari Santar, kuda lumping, dan bantengan. Kala malam tiba, Kampung Wisata Kungkuk juga memberikan warna yang berbeda. Traveler bisa ikut merasakan kegiatan warga setempat saat ronda malam untuk menjaga kondisi kampung tetap aman. Hal ini merupakan suguhan yang menarik dalam upaya melestarikan sikap gotong royong antar warga.

Kampung Wisata Kungkuk menyediakan beberapa penginapan atau rumah siap dihuni (homestay) dengan nuansa alam pedesaan yang mengagumkan. Untuk bisa menikmati berbagai keindahan alam di Kampung Wisata Kungkuk ini kita cukup membayar Rp 65.000/malam. Sedangkan untuk menikmati kegiatan lainnya dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 per pack.

Source https://visitbatugeografium.wordpress.com https://visitbatugeografium.wordpress.com/2016/04/14/kampung-wisata-kungkuk/
Comments
Loading...