Keindahan Di Bendungan Pice, Belitung

0 12

Bendungan Pice

Bendungan Pice merupakan salah satu objek wisata heritage yang ada di Desa Lenggang Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur dapat di tempuh dengan waktu 1 jam perjalanan dari Bandara HAS Hnandjudin Tanjung Pandan Belitung. Bendungan Pice ini adalah salah satu objek wisata peninggalan Hindia Belanda ,selain itu bendungan ini adalah bukti sejarah pertimahan di Belitung Timur.
 
Ada yang unik untuk nama “PICE” pada bendungan ini, hingga saat ini ada dua versi berbeda mengenai nama Bendungan ini. Ada versi yang menyebutkan nama Bendungan Pice berasal dari bahasa cina yang menyebutkan nama Phice yang artinya pintu air, sehingga masyarakat Belitung menamai Bendungan ini dengan sebutan Pice.
Sedangkan versi lain menyebutkan nama Pice itu berasal dari nama arsitek yang membuat Bendungan ini yaitu Sir Vance, pada saat itu masyarakat sekitar kurang begitu bisa mengeja kalimat “Vance” sehingga masyarakat hanya bisa menyebut objek wisata Bendungan Pice Belitung Timur ini dengan sebutan “Pice . Hal unik lainnya yang terdapat pada Bendungan Pice yaitu ikan cempedik penghuni sungai lenggang. Ikan cempedik ini hanya terdapat di sungai yang mengalir di bawah Bendungan Pice ini, ikan ini tidak kita jumpai di tempat lain selain di sini.
Anehnya, ikan cempedik yang hidup dalam koloni 9 bergerombol  hanya dapat kita jumpai di musim penghujan saja, dan bila musim kemarau ikan cempadik ini hilang seperti di telan tenangnya sungai lenggang. Bendungan yang melintas sepanjang 79 meter di atas sungai lenggang ini telah beberapa kali mengalami pemugaran. Bendungan Pice Terakhir di pugar tahun 2014 – 2015 karena saat ini menjadi salah satu tujuan wisata Belitung Timur . Pada sore hari Bendungan Pice ramai di kunjungi warga sekitar yang, selain sekedar rekreasi masyarakat memanfaatkan bendungan ini untuk memancing dan menjala ikan di sungai lenggang ini.
Source http://www.belitungguide.com http://www.belitungguide.com/2016/02/bendungan-pice-belitung-timur.html
Comments
Loading...