Keindahan dari Candi Plaosan Klaten yang Sangat Indah

0 125

Candi Plaosan

Objek wisata Candi Plaosan merupakan salah satu wisata yang ada di Klaten. Candi Plaosan ini berada di Jalan Candi Plaosan, Bugisan, Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ini merupakan bangunan candi Budha yang dibangun oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahuluan pada jaman pemerintahan mataram kuno. Soal keindahan tentu candi ini tidak kalah denga bangunan candi yang lain sebab di candi ini terdapat bermacam relief dan arsitektur unik yang ada pada dua buah candi plaosan yaitu candi plaosan kidul dan candi plaosan lor. Kedua candi yang berada dalam satu komplek tersebut hanya terpisahkan jarak sekiatr 20 meter dan lokaisnya juga bersebelahan langsung dengan komplek tempat tinggal warga sekitar.

Keindahan Candi Plaosan

Candi Plaosan banyak dikunjungi oleh wisatawan karena disana merupakan tempat yang bagus untuk berfoto atau berselfie disekitaran candi yang dibawahnya terdapat pelataran dengan rumput yang hijau nan segar, dari candi plaosan kidul pengunjung juga bisa melihat area persawahan yang berjajar, jika persawahan tersebut dalam masa pertumbuhan maka akan terlihat bentangan sawah dengan tanaman yang hijau semakin membuat nuansanya menjadi lebih indah. Jika sudah puas berkeliling candi sambil berfoto maka kurang lengkap jika belum membeli sesuatu untuk oleh-oleh, nah disekitaran candi plaosan juga ada bermacam oleh-oleh yang dapat dibeli seperti bakpia pathok, cemilan tahu, aksesoris dan miniatur candi serta yang lainnya.

Harga Tiket Masuk Candi Plaosan

Sebelum pengunjung dapat menikmati keindahan Candi Plaosan tentunya pengunjung harus membayar tiket masuk ke lokasi candi Plaosan anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp.3.000 rupiah saja.

Akses Menuju Candi Plaosan

Untuk menuju candi Plaosan tidaklah sulit untuk menemukan, hanya berajarak tempuh sekitar 5 (lima ) menit dari candi Prambanan atau 35 menit ketika Petualang lebih suka dengan berjalan kaki. Dari Jogjakarta silakan menuju sekitar area candi Prambanan (jalan raya jogja solo). Setelah melewati lampu lalu lintas dekat Candi Prambanan silakan untuk lurus sekitar 100 meter menuju perempatan selanjutnya belok kiri lurus sekitar 2 km hingga bertemu dengan perempatan lalu belok kanan sekitar 200 meter, nah sudah terlihat candi Plaosan Lor. Jika dari pintu masuk timur candi Prambanan, Petualang bisa lurus hingga batas akhir komplek candi lalu belok kanan lurus sekitar 3 km akan berjumpa dengan Candi Plaosan Lor.

Source wisata klaten
Comments
Loading...