Keindahan Danau Suro Kepahiang, Bengkulu

0 40

Danau Suro Kepahiang

Danau Suro adalah obyek wisata alam yang berlokasi di Desa Suro, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Kepahiang. Danau ini merupakan danau hasil dibendungnya Sungai Musi, yang digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Dalam perkembangannya, fungsi danau ini pun tidak hanya sebagai PLTA. Masyarakat mulai memanfaatkan untuk bersantai, hingga berekreasi.

Potensi danau ini untuk dikembangkan jadi obyek wisata alam memang besar. Masyarakat setempat menjadikan lokasi Danau Suro sebagai cara untuk mendapatkan penghasilan, antara lain melalui budidaya ikan dengan keramba. Selain itu juga membuat tempat pemancingan, rumah makan terapung, penginapan, lokasi outbond dan aktivitas outdoor lainny.

Salah satu daya tarik utama dari Danau Suro adalah traveler bisa beraktivitas atau bermain di air, menggunakan rakit motor atau perahu motor dengan membayar tarif tertentu. Sore hari atau pagi menjadi saat yang paling tepat untuk mengeksplorasi danau ini, dengan berkeliling menggunakan perahu motor. Pengunjung juga bisa memancing di tempat pemancingan setempat, kemudian beristirahat untuk melepas lelah dengan menikmati makanan hasil pancingan atau hidangan lainnya yang tersedia di rumah makan sekitar danau.

Kawasan Danau Suro sangat pas untuk kegiatan komunitas, kantor, maupun sekadar rekreasi bersama keluarga. Bagi yang mempunyai anak kecil, sekadar bermain air dengan naik perahu bebek untuk akan menyenangkan. Tapi tentu saja harus dengan pengawasan ekstra bagi anak kecil. Di sini juga tersedia pondok wisata dan  joglo yang bisa digunakan untuk aktivitas kelompok, gathering, workshop, seminar dan lain sebagainya. Saat hari libur, tahun baru, libur nasional, akhir pekan, Danau Suro padat dengan pengunjung.

Jalur menuju ke lokasi danau ini pun biasanya macet. Karena pengunjung tidak hanya datang dari Kabupaten Kepahiang saja, tetapi juga dari daerah lain seperti Curup, Bengkulu hingga Lubuk Linggau. Bahkan tidak sedikit yang berasal dari luar pulau Sumatera terutama Jawa. Untuk menuju ke lokasi Danau Suro relatif lumayan dekat. Apbila ditempuh dari pusat kota Kepahiang jaraknya sekitar 8 kilometer menuju ke Desa Suro Ilir. Kemudian setelah tiba di Desa Suro Ilir, lanjutkan lagi menempuh sekitar 2 kilometer menuju ke lokasi obyek wisata alam tersebut.

Source http://djofrontoneinnbengkulu.com http://djofrontoneinnbengkulu.com/danau-suro-potensi-wisata-kabupaten-kepahiang-bengkuli-yang-tengah-berkembang/
Comments
Loading...