Keindahan Danau Segara Anak, Pulau Lombok

0 12

Danau Segara Anak Lombok

Danau Segara Anak Rinjani merupakan sebuah danau yang termasuk kawasan dalam Gunung Rinjani di Pulau Lombok. Nama Segara Anak itu sendiri berarti anak yang diberikan kepada warna birunya danau yang mengingatkan pada warna air laut. Danau juga dapat memberikan kesan tersendiri jika dipandang dari sisi manapun. Ketenangan airnya, dan hamparan warna danau nya yang luas membuat sejuk mata dan hati sekaligus.

Danau Segara Anak di Lombok ini menyajikan pemandangan yang indah dan luar biasa cantiknya. Tapi jika Anda ingin berkunjung kesini, Anda harus mendaki puncak Gunung Rinjani terlebih dahulu. Selama perjalanan mendaki gunung, Anda bisa sambil menikmati indahnya pemandangan sekitar yang juga sama-sama indah. Tidak perlu merasa heran jika banyaknya pengunjung berwisata ke gunung ini.

  

Dibalik ketenarannya Danau Segara Anak Rinjani ini memiliki berbagai cerita mitos yang dipercayai oleh masyarakat setempat. Mitosnya adalah mereka percaya bahwa di Danau Segara Anak Rinjani ini adalah tempat tinggalnya para makhluk halus dan jin yang selama puluhan tahun menghuni di danau ini. Para suku serta masyarakat setempat yang tinggal di daerah gunung Rinjani ini masih sering membuat acara-acara yang di adakan dan melakukan ritual khusus di danau dengan maksud tertentu. Dengan tujuan agar para penghuni disini tidak mengganggu ketenangan masyarakat setempat dan juga dipercaya akan membawa berkah bagi semua orang dalam segala aspek serta sebagai wujud bersyukur telah diberikan banyak berkah dan keuntungan untuk masyarakat setempat.

Kegiatan yang dapat Anda lakukan ketika berwisata disini adalah salah satunya dengan berkemah atau sekedar berleha-leha di pinggiran danau dan beristirahat selama ingin menempuh perjalanan menuju puncak Gunung Rinjani. Sembari menikmati pemandangan alam disini, Anda bisa juga memancing ikan di sekitaran danau. Anda juga bisa menemukan beragam sumber air panas yang memiliki tingkat suhunya bermacam-macam.

Para suku Sasak memepercayai bahwa air panas disini dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Para pengunjung pun juga bisa berendam disini atau sekadar mencelupkan kaki untuk mengurangi kelelahan selama perjalanan menuju danau. Hal lain yang unik dari danau ini adalah dengan kemunculannya gunung baru yang baru jadi dan dinamai dengan sebutan Gunung Baru Jari.

Gunung yang baru jadi ini adalah anaknya dari Gunung Rinjani yang sudah pernah meletus puluhan tahun yang lalu. Namun anak Gunung ini sempat pernah meletus pada tahun 2015 lalu. Ada juga cerita lain mengenani Danau Segara Anak Rinjani satu ini, yaitu pohon tua yang di anggap keramat oleh masyarakat setempat dan dipercayai akan dapat mengabulkan segala keinginan jika Anda melakukan ritual-ritual khusus untuk pohon tua ini. Dan katanya lagi, setelah benar jika keinginan Anda terkabul, Anda di haruskan kembali lagi kesini serta melepaskan gantungan batu yang Anda gantungkan di pohon tua ini sebelumnya. Mau coba untuk seru-seruan? Hehe. Percaya atau tidak itulah beberapa mitos yang terkenal tentang Danau Segara Anak Rinjani. Kembali lagi ke niat awal adalah berwisata ria menikmati indahnya objek wisata alam di Lombok yang tak pernah ada habisnya.

Source https://www.lomboktourplus.com https://www.lomboktourplus.com/danau-segara-anak-gunung-rinjani-pulau-lombok/
Comments
Loading...