Warning: unlink(/tmp/85cfc6e4a03bcd16c625ba7d56e4ea2e-BkEfDR.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Keindahan Curuk Nyogong Garut

0 145

Curuk Nyogong

Curuk Nyogong merupakan salah satu dari banyak wisata air terjun di Garut, secara georafis terletak di Kampung Sawah, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cihurip, Garut, Jawa Barat. Dalam bahasa Sunda, jika diterjemahkan secara harafiah, Nyogong berarti ‘menikung’. Ini tentu sesuai dengan jalan berliku, berkelok-kelok, dan terjal ketika menuju area wisata air terjun ini. Selain itu, nama Curug Nyogong terkait dengan panjang dan berkeloknya aliran air yang juga melewati bebatuan besar. Aliran air terjun ini sebenarnya berasal dari sungai Cisanggiri.

Keindahan Curug Nyogong

Curug Nyogong lokasinya cukup luas namun letaknya lebih rendah karena berada di bawah Cialeuan. Walaupun musim kemarau debit air di sini tetap besar apalagi saat musim hujan, cukup menantang para wisatawan untuk berenang. Selain itu, tekanan air di tempat ini juga dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) bagi warga di Kecamatan Cihurip.

Air terjun perawan menjadi julukan yang khas untuk Curug Nyogong. Hal ini disebabkan oleh keasrian lokasinya yang masih terjaga baik hingga kini. Sensasi aliran air yang jatuh dari atas tebing ini membuat wisatawan penasaran. Meski lokasinya tidak mudah dijangkau oleh para pengunjung, namun area wisata alam ini tetap menjadi destinasi wisata yang masuk dalam daftar utama rencana berwisata.

Aktifitas Curuk Nyogong

Jika Anda berwisata ke air terjun ini maka ada beragam aktifitas yang bisa dilakukan. Aktifitas paling umum adalah mandi dan berenang. Namun, kegiatan lain yang juga bisa dilakukan adalah berburu foto dan bercengkrama dengan keramahan warga Cihurip. Bagi wisatawan yang ingin mandi dan berenang di sana disarankan agar selalu berhati-hati karena air yang cukup dalam dengan bebatuan yang tajam. Selain itu, karena lokasinya dekat dengan aliran sungai Cisanggiiri yang berada dekat Gunung Gelap maka airnya sangat dingin. Namun, suasana alam dengan rimbunya pepohonan, gemuruh air yang mengalir, dan hembusan angin segar melelapkan mata para pengunjung saat menikmati pesona wisata alam di Cihurip ini. Menikmati keindahan Curug Nyogong tentu punya kesan tersendiri. Jika Anda berkunjung ke sana keinginan untuk kembali lagi pasti ada. Ayo rencanakan liburan Anda sesegera mungkin.

Rute Menuju Curug Nyogong

Rutenya susah-susah gampang. Mudah ditempuh jika Anda sudah terbiasa tapi akan sulit apabila baru pertama ke sana. Sebagian wisatawan biasanya menuju kota Garut terlebih dahulu sebelum ke curug ini. Nah, jika Anda sudah sampai di Garut, pilih rute menuju Pameungpeuk. Walaupun jalanan cukup baik hingga sampai kecamatan Cikajang, namun biasanya ketika akhir minggu atau hari libur di sana sangat ramai oleh para wisatawan, khususnya dari Garut menuju Bayongbong. Oleh sebab itu, untuk menghindari kemacetan usahakan Anda tiba di Garut sebelum jam 06.00 WIB. Setelah melewati Cikajang, medan yang harus Anda tepuh mulai sulit karena sudah memasuki area lereng gunung dan perbukitan. Jalanan berkelok-kelok dan juga banyak jalan rusak sampai di pertigaan Cihurip. Anda disarankan agar selalu berhati-hati.

Source Jalan Wisata jejak piknik
Comments
Loading...