Keindahan Curug Maratangga Pemalang Jawa Tengah

0 343

Curug Maratangga

Curug Maratangga adalah salah satu wisata alam air terjun yang ada disima tepatnya di Dukuh Krajan Curug Maratangga di Desa Sima Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang  Rt 03 Rw 06, 150 meter dari jalan rabat beton penghubung antara desa sima dengan desa Walangsanga, air terjun maratangga di kelola oleh masyarakat sekitar yang dekat dengan lokasi tersebut, hampir setiap hari libur atau hari hari besar lokasi air terjun ramai di kunjungi para pengunjung dari luar daerah sima, jarak yang dekat alam yang masih asri serta pemandangan air di tambah dengan sejuk dinginnya angin, akan tetapi kondisi sarana dan prasarana yang belum memadai membuat tempat tersbut belum menarik pengunjung dari luar.

Keindahan Curug Maratangga

Di Desa Sima sendiri memang sudah ada curug yang menjadi wisata alam, yaitu Curug Sibedil dan sudah lebih dahulu dikenal oleh masyarakat luas, bahkan pengunjung sudah mencapai ratusan setiap bulannya. Jumlah tersebut semakin meningkat utamanya ksaat hari-hari libur tertentu, dan diharapkan keberadaan Curug Maratangga nantinya bisa seperti Curug Sibedil, sehingga dapat memamjukan desa dan meningkatkan bidang wisata yang manfaatnya untuk kesejahteraan masyarakat.

Curug Maratangga memiliki keistimewaan dan pesona memikat, di mana pengunjung bisa langsung menikmati gemericik air yang jatuh dari ketinggian sekitar 7 meter, karena aliran air dari curug mengalir ke sungai di bawahnya yang tidak terlalu dalam. Sehingga bisa digunakan untuk bersantai, berfoto dan menikmati kesegaran air yang sangat sejuk, serta ditambah dengan suasana damai disekitar curug.

Akses Menuju Curug Maratangga

Akses ke desa Sima relatif mudah, desa sudah di aspal, dari terimal Moga bisa langsung ke desa Sima apabila menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun empat. Obyek wisata yang bisa digali di Desa Sima ini berupa kebun Teh di dukuh Joglo Sijago di Tretep Selatan, Curug Sibedil di Dusun Karangbulu, dan Bukit Tangkeban di Dusun Gintung. Ada satu lagi obyek wisata yang masih perawan dan perlu pengembangan yaitu di Curug Maratangga.

Curug Maratangga ini cukup menawan wisatawan, walaupun akses ke obyek tersebut relatif belum tertata dengan baik. Letak Curug ini dari balai desa sima  menuju arang barat, kurang lebih 100 m masuk ke gang 2 ke utara menuju dusun sima, atau dari jalan besar menuju ke pemakaman umum lalu masuk ke jalan desa kurang lebih 300 m.

Source wisata simaraya
Comments
Loading...