Keindahan Curug Mangku Temanggung Jawa Tengah

0 178

Curug Mangku

Curug Mangku merupakan salah satu wisata alam yang berasal dari sungai Bogowonto yang terletak di sebelah timur Dusun Klowoh, Temanggung, Jawa Tengah yang berjarak + 1,5 km. Disebut Curug Mangku karena secara geografis air terjun tersebut terdiri dari dua tingkatan (dalam bahasa Jawa disebut “mangku”). Sehingga secara turun temurun masyarakat setempat menyebutnya dengan nama Curug Mangku. Di Curug Mangku ada dua air terjun yang merupakan hulu Sungai Bogowonto.

Keindahan Curug Mangku

Selain keindahan dan panorama alam yang masih alami menurut cerita konon dahulu air terjun tersebut pernah digunakan untuk mandi dan bertapa oleh seorang pertapa yang bernama Kyai Mangku. Dalam pertapaan tersebut Kyai Mangku ingin awet muda dan sakti mandraguna. Sehingga sampai sekarang ada opini masyarakat bahwa siapa yang mandi di Curug Mangku akan awet muda.

Daya Tarik Curug Mangku 

Sekarang untuk basah-bsahan tak harus di water park. Sesekali anda harus mencoba asyiknya bermain di air terjun. Di Curug Mangku, kita akan disuguhi menikmati udara segar yang diiringi merdunya gemercik air. Bukan sekedar air terjun, tetapi air terjun disini mempunyai dua tingkatan, ini yang membuat Curug Mangku ini sangat unik. Sesuai dengan asal namanya, mangku dari bahasa jawa yang berarti tingkatan. Alam yang masih alami menambah pesona air terjun ini. Di loksi, akan Nampak bebatuan yang bertebaran disetiap sudut. Warna air disini sangat jernih, tanpa ada kotoran dan sampah yang menggangu pemandangan.

Source wisata Temangung
Comments
Loading...