Keindahan Curug Cipamingkis Wisata Alam Bogor Jawa Barat

0 175

Curug Cipamingkis

Curug Cipamingkis merupakan salah satu wisata alam yang berada di Bogor, salah satu tempat pertemuan aliran dua sungai yang melintas Kabupaten Bogor, yaitu Sungai Cipamingkis dan Sungai Cisarua. Konon, dari nama salah satu sungai sumber airnya itulah nama Curug Cipamingkis berasal. Tetapi, ada juga sekelompok masyarakat setempat yang menyebut, Curug Cipamingkis merupakan air terjun pamungkas atau terakhir. Kelompok masyarakat ini meyakini, dari filosofi kata pamungkas itu kemudian menjelma nama Cipamingkis.

Yang menarik, Curug Cipamingkis terlihat lebih banyak didatangi pengunjung ketimbang Curug Ciherang yang sama-sama berada di wilayah Bogor. Kendati lokasi kedua curug tersebut berdekatan, legenda Curug Cipamingkis lebih terasa kental ketimbang Curug Ciherang. Penyebab hal itu tak bisa dimungkiri karena Curug Cipamingkis sangat lekat mengandung aroma mistik yang melegenda. Wisata Curug Cipamingkis terletak di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Luas obyek wisata tersebut 16,50 Hektar.

Sejarah Curug Cipamingkis 

Ada banyak legenda dan mitos di seputar Curug Cipamingkis. Salah satu mitos yang melingkupi Curug Cipamingkis itu menyatakan, jika seseorang yang belum mendapatkan jodoh dalam hidupnya lalu mandi di bawah terjunan airnya dengan melafadzkan niat, maksud dan tujuan yang dikehendaki itu akan terlaksana. Selain itu, juga ada mitos yang menyebut bahwa Curug Cipamingkis memiliki “penunggu”. Menurut mitosnya, penunggu Curug Cipamingkis itu berbentuk Ular Naga yang digelari masyarakat sebagai Ratu Ular atau Dewi Ular, yaitu paduan Pangeran Langit.

Harga Curug Cipamingkis 

Tiket masuk Curug Cipamingkis seharga Rp 9000 plus biaya parkir untuk mobil @ Rp 4000. Di pelataran parkir, pengunjung sudah akan disambut oleh jajaran pohon pinus yang hijau dan tinggi menjulang, dihiasi alur parit kecil yang dingin airnya.

Fasilitas Curug Cipamingkis 

Di sekitar tempat parkir terdapat pondok-pondok yang menjual makanan dan minuman ringan. Dari lokasi parkir, terdapat jembatan bambu yang harus dilewati untuk menyeberang. Sehingga, sekilas sudah terlihat pengelolaan yang cukup baik di sana. Curug Cipamingkis juga dilengkapi beberapa fasilitas. Misalnya, di sana telah ada areal perkemahan, jongging track, outdoor activity, toilet, musholla, serta tenda-tenda dan saung-saung untuk istirahat.

Akses Menuju Curug Cipamingkis 

Suasana yang asri, sejuk dan hawa segar khas pegunungan pun begitu terasa saat memasuki area air terjun. Potensi alam yang begitu indah itu menjadi daya tarik Curug Cipamingkis bagi para wisatawan, selain aroma mistis yang demikian kental. Apalagi, lokasi Curug Cipamingkis relatif mudah untuk dijangkau. Dari Bogor, jaraknya hanya sekitar 40 km. Rutenya dengan melewati Bogor-Sentul-Babakan Madang-Sukamakmur-Desa Wargajaya-Curug Cipamingkis. Bagi pengunjung dari Jakarta, jaraknya pun tak terlalu jauh, hanya sekitar 60 km dari Pintu Tol Cibubur. Rutenya adalah Cibubur-Gunung Putri-Jonggol-Sukamakmur-Desa Wargajaya-Curug Cipamingkis. Dari arah Jonggol, pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi dapat mengambil jalan menuju Sukamakmur ke arah Cipanas. Para pengunjung diperkirakan tak akan banyak mengalami kesulitan untuk tiba di lokasi Curug Cipamingkis setelah keluar pintu tol Cibubur. Sebab, perjalanan dari sana hanya tinggal lurus saja mengikuti jalan raya ke arah timur.

Source wisata brobali.com
Comments
Loading...