Keindahan Curug Cibogo Cianjur Jawa Barat

0 315

Air Terjun Curug Cibogo

Air Terjun Curug Cibogo merupakan salah satu wisata alam yang terletak di dalam kawasan Kebun Raya Cibodas, tepatnya di Desa Cimacan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Propinsi Jawa Barat, Curug Cibogo berada di dalam kawasan wisata Kebun Raya Cibodas & letaknya disebelah Taman Sakura. Keberadaan curug ini sedilit tersembunyi sebab letaknya diapit dua buah bukit.

Akses Menuju Air Terjun Curug Cibogo

Berjarak sekitar 85 km dari Bandung atau sekitar 23 km dari Cianjur. Untuk menuju kawasan Kebun Raya Cibodas dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.  Untuk pengguna kendaraan pribadi perjalanan ke kawasan ini (hingga belokan masuk yang berada di sebelah kanan jalan besar jika dari Bogor) membutuhkan waktu tempuh lebih kurang 1,5 jam dari kota Bogor jika perjalanan lancar alias tidak macet. Selanjutnya dari belokan masuk tersebut (pertigaan Cibodas dikenal dengan nama Pertigaan Paregrejen) untuk mencapai pintu gerbang kawasan masih membutuhkan kira-kira 15 menit (sekitar 5 km jarak tempuhnya).

Bagi pengguna kendaraan umum dari kota Bogor atau Bandung dapat berhenti di belokan di atas yang kemudian dilanjutkan dengan kendaraan umum dengan rute Cipanas-Rarahan hingga pemberhentian terakhir di Pasar Cibodas dekat Balai Taman Nasional Gede-Pangrango.  
Selanjutnya dari pemberhentian akhir angkot ini diteruskan dengan berjalan kaki menuju pintu masuk utama Timur Kebun Raya Cibodas. Dan akhirnya dari pintu masuk Kebun Raya ini jarak ke lokasi Curug Cibogo sekitar 1 km ke arah timur yang dicapai dengan berjalan kaki melewati track (lintasan) berbatu yang menurun cukup curam selama kurang lebih 20 menit.
 Harga Tiket Air Terjun Curug Cibogo
Jalan setapak tidaklah cukup lebar hanya bisa dialui oleh dua orang yang berdampingan. Ketinggian curug Cibogo antara 15-20 m saja bersama kolam mungil penampungan air di bawahnya. Biarpun tak terlampaui agung debit airnya lumayan deras. Tidak Hanya Curug Cibogo di kawasan ini serta terdapat curug lain, yakni Curug Ciismun. Curug ini lebih gede di bandingkan bersama Curug Cibogo.
Berjarak 1 kilo meter dari pintu masuk penting sebelah timur Kebun Raya Cibodas bersama terjadi kaki menyusuri jalan setapak berbatu yang menurun pass curam. Jalan setapak ini tidaklah lumayan lebar cuma mampu dialui oleh dua orang yang berdampingan. Kupon masuk yaitu Rupiah 6000 utk dewasa & Rupiah 3000 utk anak-anak.
Source Jalan Wisata Detik Travel
Comments
Loading...