Keindahan Curug Bayat Klaten Jawa Tengah

0 202

Curug Bayat

Curug Bayat merupakan salah satunya tempat wisata Curug, aroma udara yang segar yang jauh dari bising kota. Curug bayat ini sebenarnya memiliki nama sendiri yaitu Curug Indah Tegalrejo, Karena lokasi sebenarnya di desa Tegalrejo dan berada di jajaran pegunungan yang merupakan perbatasan antara Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Klaten.  Curug Bayat sangat terkenal akan keindahan air terjun dan sugainya, begitu juga dengan pemandangan-pemandangan yang cantik lengkap beserja kesejukan udaranya. Batu-batu kali yang menghiasi sungai nampak indah menemani aliran sungai yang terus mengalir, tidak heran jika banyak orang rela menyusuri sepanjang sungai demi mendapatkan pemandangan yang sangat indah.

Lokasi Curug Bayat

Curug Bayat secara administrative masuk dalam wilayah Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Keberadaan air terjun ini tepat berada dibawah gunung yang menjadi perbatasan antara kabupaten gunung kidul dengan kabupaten Klaten.

Harga Tiket Masuk  Curug Bayat

Untuk menikmati pesona air terjun ini anda akan melewati retribusi sebesar Rp. 2.000,- per orang, sedangkan pengelolaan air terjun ini merupakan masyarakat setempat karena kepemilikan lahan sebagai tempat wisata air terjun ini merupkan kepemilikan pribadi seorang warga Gedangsari bukan merupakan kepemilikan pemerintah setempat. Sedangkan warga pengelola tempat wisata ini merupakan penyewa lahan yang mengembangkan dengan berbagai fasilitas pendukung tempat wisata tersebut.

Keindahan  Curug Bayat

membentuk sebuah cekungan yang cukup dalam dan dapat dimanfaatkan sebagai tempat mandi dan berenang. Dengan debit air yang cukup kecil sekalipun seperti halnya pada musim kemarau namun ekungan tersebut tepa terisi penuh dan cukp dalam. Sehingga bagi yang tidak bisa berenang jangan coba coba untuk masuk dalam cekungan tersebut. Karena pengelolaan yang kurang maksimal dan karena pihak terkait juga tidak turun tangan dengan keberadaan tempat air terjun ini sehingga perawatan serta kebersihan tempat ini kurang terjaga. Jika hal ini tidak segera tertangani sangat disayangkan jika kealamian dan keasrian serta keindahan tempat ini rusak oleh karena tidak ada penanganan yang serius dan juga mungkin karena ulah tangan tangan jahil.

Source wisata klaten
Comments
Loading...