Keindahan Curug Awang Ciletuh Geopark Sukabumi

0 210

Curug Awang

Curug Awang adalah salah satu air terjun yang berada di kawasan Geopark Ciletuh dan berada pada aliran Sungai Ciletuh. Selain air terjun ini terdapat dua air terjun lain yang masih dalam satu aliran sungai, yaitu Curug Tengah dan Curug Puncak Manik. Dan Curug Awang ini adalah air terjun pertama dari aliran Sungai Ciletuh dan berada pada urutan tertinggi. Karena hal itu pula air terjun ini dinamakan sebagai Curug Awang. “Awang” dalam bahasa sunda berarti “Angkasa”. Nama “Awang” disematkan pada air terjun ini karena letak dari air terjun ini yang berada pada urutan tertinggi, layaknya angkasa yang berada jauh diatas langit.

Keindahan Curug Awang 

Untuk bisa menikmati keindahan dan kemegahan dari Curug Awang ini, kamu bisa menikmatinya dari atas bukit yang berada sedikit lebih tinggi dari Curug Awang. Namun, jika kamu ingin menikmati keindahan Curug Awang dari sisi lain, kamu bisa turun dengan menuruni sebuah tebing menuju danau dari hasil tumpahan air Curug Awang. Dari tempat ini kamu bisa melihat Curug Awang dari bawah dan melihat lebih dekat air yang tumpah dari atas tebing.

Fasilitas Curug Awang

Sebagai salah satu tempat wisata andalan yang ada di kawasan Ciletuh Geopark, Curug Awang memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari tempat parkir, toilet, saung, serta beberapa warung yang menjual makanan dan minuman. Fasilitas yang masih kurang dari tempat ini adalah akses jalannya yang masih sangat buruk, serta musholla yang masih belum tersedia, dan toilet yang ada masih belum maksimal.

Tiket Masuk Curug Awang

Untuk dapat menikmati semua keindahan alam dari Curug Awang ini, pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar 3.000 rupiah/orang. Dan biaya lainnya yang harus dikeluarkan adalah biaya parkir kendaraan. Untuk kendaraan roda dua sejumlah 3.000 rupiah, serta 5.000 rupiah untuk kendaraan roda empat.

Lokasi Curug Awang

Secara administratif, kawasan Ciletuh Geopark berlokasi di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Awang 

Untuk bisa tiba di kawasan Ciletuh Geopark bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Kini akses jalan menuju kawasan Ciletuh Geopark sudah sangat baik bila dibandingkan dengan dua tahun lalu. Namun di beberapa titik masih ditemui jalanan yang berlubang dan rusak parah, sehingga perlu kehati-hatian dalam berkendara agar kendaraan tidak selip atau pun terjatuh. Kawasan Ciletuh Geopark ini searah dengan rute menuju Pelabuhan Ratu atau pun Pantai Ujung Genteng.

Berikut adalah rute singkat yang bisa ditempuh untuk menuju kawasan Ciletuh Geopark jika bertolak dari arah Kota Bandung : Kota Bandung – Padalarang –  Cipatat – Cianjur – Sukabumi – Jalan Pelabuhan – Jalan Cibatu –Jalan Cijambe – Jalan Tegal Lega – Jalan Pelabuhan Ratu – Jampang Kulon – Jalan Waluran – Tamanjaya – Ciletuh Geopark.

Setelah berada di kawasan Desa Tamanjaya, rute selanjutnya adalah mengarahkan kendaraan menuju kawasan Ciletuh Geopark. Dan Curug Awang ini berada di pinggir jalan sebelah kiri. Saat di pinggir jalan yang tak jauh dari Kantor Sekretariat PAPSI, atau kurang lebih sekitar 1 km terdapat plang penunjuk arah menuju lokasi Curug Awang. Dari pertigaan tersebut kembali arahkan kendaraan untuk masuk menuju jalan berbatu dan masih belum beraspal kurang lebih sejauh 1,5 km. Perjalanan menuju Curug Awang akan disuguhi pemandangan dari kebun kelapa sawit. Setelah sampai di tempat parkir yang tak jauh dari pintu masuk Curug Awang, perjalanan harus dilakukan dengan berjalan kaki sekitar 200 meter.

Source wisata direktori
Comments
Loading...