Keindahan Bukit Pangkuan, Belitung Timur

0 138

Bukit Pangkuan

Bukit Pangkuan adalah nama salah satu objek wisata alam dan wisata outbound yang dimiliki oleh Belitung Timur dan yang sedang naik daun sekarang ini, tempatnya berada di Kecamatan Kelapakampit. Nama sebenarnya Bukit Pangkuan ini adalah Bukit Pangkutan. Namun sekarang ini mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa sebenarnya Bukit Pangkuan dan Bukit Pangkutan adalah sebuah nama tempat yang sama!
  
Nama Bukit Pangkutan berasal dari kata pangkuan. Dari legenda masyarakat setempat, alkisah ada seorang anak gadis yang meninggal di pangkuan seorang pria kekasihnya di bukit tersebut, karena hubungan mereka yang tidak direstui oleh orang tua. Wilayah Bukit Pangkuan dulu terbilang angker. Di Bukit Pangkuan ada sebuah makam tua.
Masyarakat setempat menyebutnya makam Putri Selamah. Konon, Putri Selamah adalah kekasih dari Kik Kara, tokoh legenda masyarakat Kelapakampit, yang makamnya berada di puncak Gunung Kik Kara.
Bukit Pangkuan dapat ditempuh dengan berkendara selama kurang lebih 40 menit dari Bandara Tanjungpandan. Tempat ini dibuka untuk publik sebagai agrowisata dan wisata outbound pada tahun 2013 kemarin. Dengan harga tiket masuk yang cukup terjangkau, disini, siapapun bisa menikmati wahana keduanya. Bukit Pangkuan sebagai agrowisata terbilang luas karena bisa digunakan oleh anak-anak serta orang dewasa. Disini juga kita bisa berwisata outbound, dan bagi anda yang ingin menikmatai agrowisata sekaligus wisata outbound di Belitung, maka Bukit Pangkuan alias Bukit Pangkutan sangat direkomendasikan.
Source https://kodzan.blogspot.com https://kodzan.blogspot.com/2014/10/wisata-outbound-bukit-pangkuan-si-bukit-pangkutan-kelapakampit.html#.W6hjcHszZct
Comments
Loading...