Keindahan Bukit Geger Menjangan Purworejo Jawa Tengah

0 342

Geger Menjangan

Geger Menjangan merupakan salah satu obyek wisata yang terletak di Desa Trirejo, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo. Geger Menjangan telah lama menjadi salah satu obyek wisata favorit di Purworejo lantaran menyajikan pemandangan alam dari ketinggian yang sangat indah.

Geger Menjangan adalah sebuah bukit yang terletak 175 meter di atas permukaan laut dan masih berada di kawasan pegunungan yang termasuk ke dalam barisan perbukitan Menoreh. Nama Geger Menjangan berasal dari Geger yang berarti Punggung dan Menjangan yang berarti Kijang, sehingga diartikan Punggung Menjangan.

Asal Mula Geger Menjangan

Konon, Geger Menjangan yang mempunyai luas 12,75 hektar memang terlihat seperti punggung seekor kijang dari kejauhan. Untuk dapat mencapai lokasi puncak Geger Menjangan, pengunjung diharuskan menaiki ratusan anak tangga dan menapaki jalan setapak dengan medan yang menanjak namun cukup mengasyikan bagi pengunjung yang menyukai kegiatan trekking dan mendaki gunung.

Sesampainya di puncak Geger Menjangan, pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang indah. Terdapat beberapa gazebo yang bisa difungsikan sebagai gardu pandang untuk menikmati pemandangan kota Purwoerjo dari ketinggian. Selain untuk menikmati pemandangan, beberapa wisatawan berkunjung untuk melakukan ziarah. Pasalnya, di Geger Menjangan juga terdapat makam tua yaitu makam Kyai Imam Puro, salah satu tokoh yang mempunyai andil dalam sejarah keberadaan Purworejo.

Aksesbilitas Geger Menjangan

Tidak jauh dari makam ini, terdapat sebuah sumur tiban yang diyakini warga memiliki air ajaib karena tidak pernah mengering walaupun di musim kemarau. Terlepas dari kebenarannya atau tidak, makam tua dan sumur ini memang menambah kelengkapan obyek wisata yang ada di Geger Menjangan. Harga tiket masuk Geger Menjangan adalah Rp. 2.000,- per orang , sedangkan untuk masuk ke Makam Kyai Imam Puro akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 1.000,- per orang.

Rute Menuju Geger Menjangan

Obyek wisata Geger Menjangan dapat di datangi pengunjung setiap harinya, Senin hingga Jumat mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00 sore. Geger Menjangan juga dilengkapi dengan fasilitas taman permainan anak dan kolam renang yang terletak di area pintu masuk kawasan. Rute yang dapat ditempuh dari pusat kota Purworejo adalah melalu Jl WR Supratman – Jl Baledono menuju Desa Trirejo dengan waktu tempuh 15 hingga 30 menit.

Source wisata purworejo
Comments
Loading...