Keindahan Bukit Deles Indah Klaten Jawa Tengah

0 348

Wisata Deles Indah

 

Deles Indah merupakan kawasan wisata alam lereng merapi di kabupaten klaten. Dulunya pariwisata disini ramai pengunjung,namun sekarang kondisinya cukup memprihatinkan. Di akhir tahun 2016 ini menjadi momentum untuk kembali mensejajarkan Deles Indah dengan tempat wisata lereng merapi kayak Kaliurang,Kaliadem dan New Selo.

 

Keindahan Wisata Deles Indah

Lokasi ini mempunyai potensi khusus suasana pemandangan alam pegunungan yang sangat memukau dan mempunyai hawa yang sejuk. Dari lokasi wilayah Deles indah pengunjung dapat melihat pemandangan puncak merapi dengan nyata, termasuk pemandangan kota Klaten, cerobong perusahaan pabrik gula Gondang Baru dan perusahaan pabrik gula Ceper Baru, demikian juga pengunjung dapat menyaksikan melihat Rawa Jombor dengan jajaran gunung kapurnya. Lokasi deles indah sendiri hanya berada di bawah radius 10km dari puncak Gunung Merapi.

Lokasi Wisata Deles Indah

Deles Indah terletak di kawasan desa wisata yang beralamat di Desa Sidorejo, Klaten, Jawa Tengah, tepatnya 25 kilometer di utara Kota Klaten. Karena berada di ketinggian 800-1.300 mdpl, maka Deles Indah memiliki udara segar khas pegunungan. Udaranya benar-benar fresh dan tidak ada polusi di sini.

Sejarah Wisata Deles Indah

Deles Indah yang dulu merupakan kawasan wisata tersohor dan menjadi primadona wisatawan untuk berlibur di Klaten, kini merana, sepi dan ditinggalkan pecintanya. Warung-warung dari gubuk bambu yang pernah menghiasi sepanjang pinggiran jalan setapak yang membelah hutan lereng Gunung Merapi Desa Sidorejo, Kemalang, tersebut kini juga sudah tidak ada lagi. Tinggal onggokan gubuk yang roboh karena lapuk dimakan hujan dan panas. Padahal dulu para wisatawan bisa berteduh di gubuk-gubuk warung itu sambil menikmati, hangatnya mi atau kopi tradisional khas buatan penjaja warung di Deles ini. Sekarang juga sudah tidak ditemukan lagi bocah-bocah yang menjajakan tikar atau menawarkan bunga edelweis untuk suvenir.

Akses Wisata Deles Indah

Jika anda menuju Deles Indah dari Yogyakarta, anda harus berkendara ke arah timur melalui Jalan Solo, mengarah ke Bandara Adisucipto. Ikuti saja jalan tersebut hingga anda melewati Candi Prambanan, lalu masuk ke Klaten. Dari sana, anda hanya perlu mengarahkan kendaraan anda menuju Kemalang, lalu belok ke kiri dan ikuti saja penunjuk arahnya. Ada juga rute dari arah Boyolali yang menuju Jatinom, lalu belok kanan ke arah Kemalang sambil terus mengikuti papan penunjuk arah. Rute terakhir, jika anda datang dari Kota Klaten, ambil arah menuju Godang, lalu susuri jalan menuju Kemalang.

Source wisata klaten
Comments
Loading...