Keindahan Bukit Batu Maudemu, di Kota Belu

0 32

Bukit Batu Maudemu

Eksotisme bukit ini sangat mengagumkan dengan bebatuan karang laut di puncak bukitnya. Beberapa dianta  ranya merupakan batuan karang yang berongga dan menjadi habitat bagi ratusan ekor kera. Dari atas bukit, kamu bisa menatap keindahan Kabupaten Belu, Lautan Atapupu dan beberapa wilayah di Timor Leste. Yang berada di Desa Maudemu, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, NTT.

Keunikan semua bebatuan di atas bukit ini berbentuk batu karang laut, di antara bebatuan karang laut terdapat beberapa lubang gua tempat menghuninya ratusan kera di dalam gua itu lebih anehnya menurut cerita para petua adat setempat yang secara langsung saya dengar bahwa diantara ratusan kera itu ada raja keranya dan ratu keranya raja keranya berwarna putih dan membawa tas siri pinang yang di buat dari anyaman lontar dan ratu kera berwarna merah, pada musim hujan masyarakat setempat mulai menjaga hasil kebun dari ratusan kera itu karna kera-kera itu sering mencuri hasil kebun masyarakat setempat.

Walaupun kadang masyarakat menjaga hasil kebunnya kera2 itu tetap berhasil mencuri hasil kebun masyarakat setempat karna kera-kera itu cerdik seperti manusia mengapa kera-kera itu di katakan cerdik. Sesuai cerita petua adat setempat yang saya dengar kera-kera itu cerdik seperti manusia karena sebelum kera-kera itu turun dari bukit karang maudemu mereka masih membagi tugas perkelompok kera yang lain turun mencuri hasil kebun masyarakat dan kera yang lain berdiri di atas bukit untuk memantau tuan kebunnya apabila kera yang di tugaskan di atas bukit melihat tuan kebunnya maka kera di atas bukit memberi suara.

Isyarat kepada kera- kera yang sementara mencuri hasil kebun untuk segera melarikan diri ke atas bukit ada satu keanehan lagi bebatuan karang yang terdapat di atas gunung maudemu itu apabila kita memukulnya bunyi seperti gong dan juga ada tetesan air di antara bebatuan itu. Pemandangan dari atas gunung batu karang maudemu ini dapat kita melihat seluruh pemandangan kota kabupaten belu, lautan atapupu dan beberapa wilayah negara Timur Leste, apabila kita memijakan kaki di bukit batu karang desa Maudemu kecamatan Lamaknen kab. Belu ini maka masih banyak cerita sejarah oleh petua adat setempat di balik bukit Gunung Maudemu ini

Source https://www.facebook.com/VisitAtambua/photos/ https://www.facebook.com/VisitAtambua/photos/a.220899931574742.1073741828.220883328243069/510545625943503/?type=3&theater
Comments
Loading...