Keindahan Bukit Batu Kursi di Buleleng, Bali

0 77

Bukit Batu Kursi

Bukit Batu Kursi merupakan salah satu wisata alam yang berasa di Buleleng, Bali Nama Bukit Batu Kursi karena di puncak bukit terdapat pura suci yang di dalamnya ada sebuah batu yang berbentuk kursi berdiameter sekitar 20 meter. Bukit Batu Kursi ini terletak di belakang Pura Mutering Jagat atau dikenal sebagai Pura Pemuteran. Karena lokasinya berupa perbukitan serta terdapatnya pura suci, sehingga wisata ini sangat cocok sebagai lokasi yang menggabungkan wisata alam, wisata petualangan serta wisata spiritual yang patut dikunjungi.

 

Lokasi Wisata Bukit Batu Kursi

Kawasan Wisata Bukit Batu Kursi berada di sebelah selatan Pura Pemuteran, Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Buleleng. Karena merupakan lokasi yang disucikan, sehingga adab kesopanan harus tetap dijaga. Untuk menuju pura di atas puncak bukit ataupun hanya untuk melihat-lihat pemandangan dari atas bukit, pengunjung harus rela berjalan menapaki ratusan anak tangga. Anak tangga sejauh 700 meter ini cukup membuat pengunjung mengucurkan keringat.

Namun lelah dan capai setelah menapaki anak tangga akan terbayar lunas oleh keindahan alam yang terhampar di depan mata. Pura Suci Batu Kursi pun sudah menanti para umat yang akan melakukan sembahyang. Sebelum menginjakkan kaki di anak tangga, pengunjung harus membayar lima ribu rupiah dulu di loket masuk. Setelah membayar tiket, buku tamu yang diberikan oleh penjaga tiket juga harus diisi terlebih dahulu.

Daya Tarik Wisata Bukit Batu Kursi

Dari atas ketinggian Kawasan Wisata Bukit Batu Kursi akan terlihat wajah birunya perairan Buleleng Barat. Bahkan gugusan gunung api di Jawa Timur juga tampak gagah berdiri dilihat dari ketinggian puncak Bukit Batu Kursi. Di sebelah timur, tampak kawasan latihan militer TNI AD. Beberapa lokasi latihan militer TNI juga terdapat di belakang perbukitan Pura Pulaki yang berdekatan dengan Pura Melanting. Di sebelah barat laut, nampak Gunung Beratan dengan pemandangan indahnya.

Wisatawan asing yang datang lebih tertarik pada jalur trekking yang ada. Bahkan mereka menyusuri jalur trekking ini hingga melewati kawasan militer TNI. Pantaslah jika lokasi ini sangat diminati oleh wisatawan bahkan dari luar negeri, karena selain lajur trekking yang cukup menantang keindahan alam perbukitan hijau juga jadi pilihan utama. Hal yang perlu diingat jika mengunjungi Bukit Batu Kursi adalah selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Jangan lupakan kamera untuk menyala setiap saat dibutuhkan ketika memotret keindahan Bukit Batu Kursi dan buatlah pose semenarik mungkin dengan berlatar indahnya panorama bukit ini.

Source https://www.kintamani.id https://www.kintamani.id/kawasan-wisata-bukit-batu-kursi-pesona-wisata-indah-lainnya-pemuteran-001598.html
Comments
Loading...