Keindahan Bawah Laut Teluk Maumere di Kabupaten Sikka

0 123

Teluk Maumere

Teluk Maumere memiliki kain tenun ikat yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Selain itu, Maumere juga merupakan daerah pengekspor beberapa komoditas seperti kakao, pisang, kopra dan kemiri. Kota ini terletak di Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur dan menjadi pintu gerbang wilayah timur Pulau Flores karena kota ini mempunyai bandara terbesar di Pulau Flores.

Sejarah Teluk Maumere 

Maumere berasal dari Bahasa Ende, dengan asal kata Ma’u yang berarti pelabuhan dan Mere yang berarti besar. Nama tersebut muncul ketika Moang Juang Korung Da Cunha diutus raja Sikka, Don Cosmo Semao Da Silva untuk menjaga dan mengatur pelabuhan Alok Wolokoli yang pada waktu itu pelabuhan tersebut sangat ramai dikunjungi para pedagang. Dia kemudian mendirikan sebuah perkampungan dan benteng di pantai yang berada di teluk yang mencekung indah dengan hamparan gugusan pulau yang membentang indah di depannya. Kemudian dia menyebut wilayah tersebut dengan nama Maumere, berasal dari Bahasa Ende yang berarti pelabuhan besar.

Keindahan Teluk Maumere 

Nikmati pesona Kampung Wuring yang merupakan kampung nelayan di Maumere dengan mayoritas penduduknya adalah Suku Bajo dan Bugis. Di sini anda dapat melihat deretan kapal phinisi dan perahu tradisional, rumah panggung yang berada di atas laut hingga pasar ikan tradisional. Datanglah ke Pulau Pangabatang untuk menikmati kecantikan pulau yang tak berpenghuni ini. Ketika anda berada di pulau ini, anda akan berasa seperti mengunjungi pulau pribadi. Di Maumere juga terdapat pulau-pulau kecil lainnya yang bisa anda kunjungi untuk menikmati keindahan alamnya seperti Pulau Sukun, Pulau Palue dan Pulau Pemana. Jika ingin melihat koleksi benda-benda jaman prasejarah, anda bisa mengunjungi Museum Bikon Blewut.

Aktivitas di Teluk Maumere 

Pantai Waiara merupakan pantai yang menawarkan keindahan terumbu karang dan bermacam biota laut yang dikenal dengan nama Sea World Club. Kegiatan yang bisa anda lakukan di sini adalah snorkeling atau diving. Jika ingin berselancar, anda dapat mengunjungi Pantai Koka. Pantai ini memiliki ombak yang sangat khas dan cocok untuk berselancar. Anda yang hobi berpetualang bisa melakukan pendakian di Gunung Egon. Di Maumere yang terkenal dengan kain tenun ikatnya ini, anda juga dapat membeli kain tersebut secara langsung dari penenunnya yang berada di Desa Sikka sambil menyaksikan secara langsung proses penenunannya.

Kuliner di Teluk Maumere 

Nikmati wogi yang akan menggoyang lidah anda. Wogi terbuat dari ikan mbarase (ikan kecil yang ditangkap di laut selatan daerah Desa Paga dan Desa Wara. Ikan mbarase tersebut dicuci, dicampur garam dan disimpan dalam botol selama dua sampai tiga hari untuk kemudian diolah. Biasanya wogi diolah dengan campuran cabai, kemangi, bawang, kecap dan bumbu lainnya untuk membuat sambal wogi yang rasanya nikmat. Maumere yang kaya akan hasil laut juga mempunyai berbagai olahan ikan seperti dendeng tuna, abon tuna dan ikan bakar khas Maumere.

Akses Menuju Teluk Maumere 

Terbang ke Maumere: Maumere melalui jalan udara di layani oleh Frans Xavier Seda Airport. Frans Xavier Seda Airport terletak sekitar 4 km tenggara dari Maumere. Taksi ke kota dari Frans Xavier Seda Airport akan dikenakan IDR 40.000. Baca lebih lanjut tentang Frans Xavier Seda Airport atau cari penerbangan ke Maumere.

Source https://utiket.com https://utiket.com/id/obyek-wisata/maumere/panduan-wisata-maumere.html
Comments
Loading...