Keindahan Alami di Bawah Laut Boalemo, Gorontalo

0 42

Surga Bawah Laut Boalemo

Kabupaten Boalemo merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Gorontalo yang berhadapan langsung dengan Teluk Tomini. Teluk Tomini merupakan salah satu teluk terbesar di dunia yang dilintasi oleh garis khatulistiwa (Equator line), pusat terumbu karang dunia (Coral triangle), mempunyai dinamika oceanografi serta keaneragaman sumberdaya hayati yang tinggi.

Kabupaten Boalemo juga mempunyai beberapa buah taman laut dengan keaneragaman biota yang sangat besar (Mega biodiversity). Untuk itu dibutuhkan pengelolaan yang terpadu dan berkelanjutan dengan memperhatikan aspek ekologi/lingkungan, ekonomi, sosial, budaya dan segala aspek lainnya secara proposional di Kawasan Pesisir Teluk Tomini.

Habitat terumbu karang dipandang sebagai salah satu ekosistem laut yang paling produktif yang ditemui di perairan tropis. Pada aspek ekologi, terumbu karang memegang peranan penting dalam meningkatkan komunitas ikan dan pada gilirannya dapat meningkatkan mata pencaharian nelayan setempat.

Hampir semua pulau-pulau di Indonesia dikelilingi terumbu karang, tak terkecuali di Provinsi Gorontalo khususnya Kabupaten Boalemo yang salah satunya terkenal dengan keindahan terumbu karangnya. Keaneragaman terumbu karang di Kabupaten Boalemo tidak hanya ditemui di Kecamatan Dulupi, Bangga, Limbatihu tapi juga di pulau Bitila.

Terumbu karang di Bitila dan sekitarnya merupakan zona wisata menarik untuk dieksplorasi para penyelam. Kelompok karang keras di Bitila dan sekitarnya bervariasi tergantung dari kekhususan habitatnya. Setidaknya ada 40 genera, yang didominasi oleh Acropora yang bisa ditemukan di perairanini. Karang bisa ditemui dari kedalaman 2 meter sampai 35 meter, namun kebanyakan kedalaman sampai 20 meter.

Hasil dari pemantauan terhadap terumbu karang ini menunjukkan kondisi karang yang stabil dari tahun ke tahun dan tidak mengalami dampak signifikan dari aktivitas nelayan pencari ikan. Ada beberapa nelayan yang salah dalam mencari ikan yaitu dengan pengangkapan ikan ilegal masih berlangsung namun sudah sangat jarang karena ada pengawasan di laut oleh patroli Polairut dan Pengawasan dari Dinas Kelautan dan Perikanan.

Dimasa yang akan datang dengan mengaplikasikan program manajemen yang tepat, daerah ini bisa dikembangkan sebagai obyek wisata dan tujuan penelitian terumbu karang. lokasi penyelaman terbaik di daerah ini adalah ditempat yang miring karena banyak organisme laut unik dan menarik yang dapat ditemukan.

Gugusan karang yang terhampar di kedalaman 5 – 15 meter di lokasi ini memiliki banyak organisme yang menakjubkan. Ketika menyelam di lokasi ini, sangat dimungkinkan untuk menemukan berbagai macam nudibranch, ghost pipefish, leaffish dan beragam jenis udang kecil. Jarak pandang di lokasi ini rendah, karena banyaknya partikel dan nutrient yang tersebar di air.

Arus air relatif tenang. Penyelam dianjurkan untuk menyelam pada saat air sedang pasang dan menjaga bouyancy atautidak terlalu sering menggerakan fins agar pasir di dasar perairan tidak terbongkar karena dapat mempengaruhi jarak pandang. Penyelaman dilokasi ini dapat dilakukan secara langsung masuk dari pantai maupun dengan menggunakan speedboat.

Di Limbatihu memiliki panorama bawah air yang indah dengan berbagai jenis karang batu dan karang lunak yang beraneka warna. Persentase tutupan karang ditempat ini sekitar 80-90 % yang sebagian besar merupakan karang berbentuk meja besar. Di lokasi ini banyak ditemukan ikan karang dan ikan-ikan pelagis. Pda bulan-bulan tertentu, ikan lumba-lumba dapat dijumpai berenang di daerah ini.

Kondisi arus di perairan ini relatif tenang. Namun begitu, arus biasanya akan berubah kuat jika terjadi pergantian pasang surut. Kondisi ini bisa mempengaruhi jarak pandang penyelaman. Limbatihu bisa diselami para penyelam mulai dari kategori open water dan penyelamannya dilakukan dengan menggunakan perahu.

Waktu terbaik untuk menyelam adalah pada saat musim barat yang terjadi pada bulan Desember sampai mei, karena pada bulan-bulan tersebut, air relatif tenang sepanjang hari. Pada saat musim angin selatan, ombak di perairan ini masih memungkinkan kegiatan menyelam. Kabupaten Boalemo memiliki potensi pariwisata bahari yang cukup besar, indah, dan menakubkan.

Potensi itu, antara lain berupa ekosistem terumbu karang yang indah, surganya para penyelam, snorkeling, dan glass bottom boat. Pantai berpasir putih dan keindahan panorama yang mempesona. oleh sebab itu, melalui kerjasama Pemerintah dan masyarakat daerah secara sinergis dan produktif, pariwisata bahari bisa menjadi sumber pertumbuhan ekonomi yang turut membantu terwujudnya Kabupaten Boalemo yang maju sejahtera.

Source https://ihalal.id https://ihalal.id/surga-bawah-laut-boalemo/
Comments
Loading...