Keindahan Alam Wisata Watu Jonggol Ngawi

0 153

Wisata Watu Jonggol

Wisata Watu Jonggol ini merupakan salah satu wisata alam yang berada di lereng gunung lawu yang terletak di Desa Pandansari ±7 Km dari Kecamatan Sine. Sumber Air Watu Jonggol ini merupakan wisata alam yang menawarkan keindahan air terjun setinggi ±45 meter yang tercurah dari tumpukan batu-batu alam yang tersusun secara unik dan mengesankan. Berpadu dengan eloknya panorama alam pegunungan yang menghembuskan bulir-bulir udara sejuk segar alami ditengah rimbunnya hutan pinus jelas menambah kenikmatan khas yang sensasional.
Akses menuju ke Lokasi Wisata Sumber Air Kamulyan Watu Jonggol dapat ditempuh dengan berbagai sarana transportasi, baik roda 2 maupun roda 4 hingga tempat perhentian yang disediakan untuk kemudian melanjutkan dengan berjalan kaki sejenak ke wahana wisata. Watu Jonggol berada pada koordinat -7.541933, 111.164077 dan berada di kawasan hutan pinus dengan jarak menuju ke lokasi air terjun sekitar ± 7 km dari pusat Kecamatan Sine dan ± 45 km dari pusat Kota Ngawi dengan topografi relatif terjal dan curam. Sehingga diperlukan kendaraan yang benar-benar sehat.
Namun keindahan alam yang ditawarkan sangat jarang ditemui di lokasi air terjun lain, sebab sepanjang perjalanan menuju ke Sumber Air Watu Jonggol terdapat 2 air terjun lain (Air Terjun Kamulyan dan Air Terjun Watu Jonggol), dan 2 kolam renang yang airnya berasal dari sumber mata Air Watu Jonggol. Sementara ini pengelolaan wilayah ini berada pada naungan perhutani mengingat lokasi air terjun berada di kawasan hutan pangkuan Perhutani.
Setelah puas menikmati indahnya air terjun Watu Jonggol, melanjutkan perjalanan lagi menuju air terjun yang kedua yaitu Sumber Air Terjun Kamulyan. Perjalanan menuju ke air terjun ini mulai menuruni anak tangga dengan meninkmati pemandangan Gunung Lawu. Sumber Air Terjun Kamulyan yang terletak sekitar 100 meter di bawah Air Terjun Watu Jonggol dengan ketinggian air terjun sekitar 35 meter.
Source https://radardjowo.blogspot.co.id https://radardjowo.blogspot.co.id/2015/08/watu-jonggol-sine-ngawi.html
Comments
Loading...