Keindahan Alam Teluk Gurita, di Kota Atambua

0 206

Teluk Gurita

Teluk Gurita merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak tak jauh dari Kota Atambua. Pada zaman dahulu teluk ini bernama Kuit Namon. Teluk ini sudah dijadikan pelabuhan alam sejak nenek moyang. Selain lautnya yang dalam, airnya juga tenang dan dikelilingi bukit-bukit. Teluk Gurita terletak di Desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

  

Di namakan Teluk Gurita, dulu para pedagang dari berbagai negara melabuhkan kapalnya di teluk itu untuk mendapatkan cendana dan damar. Konon dahulu ketika ada sebuah kapal pedagang Spanyol berlabuh di teluk, sebuah Kuit atau gurita raksasa melilit dan menenggelamkan kapal dan awak mereka. Tetapi sampai sekarang reruntuhan kapal dan isinya, telah menjadi fosil dan masih dapat ditemukan di bagian bawah Teluk Gurita ini.

Ketika anda berada di Teluk Gurita, anda dapat melakukan kegiatan memancing di seputar teluk ini baik dari tepi pantai, maupun memakai perahu untuk memancing di danau Konkas yang berhubungan langsung dengan Teluk Gurita. Jika Anda pergi ke Teluk Gurita ini, jangan lupa untuk mencicipi jagung bakar dan akar sembilan yang dijual oleh warga yang tinggal di sekitar teluk. Selain itu, ada juga beberapa kios yang menjual souvenir seperti kain tenun khas Belu, patung terbuat dari kayu cendana dengan madu asli yang bisa anda bawa untuk cendramata dari NTT.

Di sekitar lokasi wisata Teluk Gurita belum ada penginapan yang disediakan. Bagi anda yang menjelajahi lokasi ini dapat menginap di kota Atambua. Teluk Gurita berada  sekitar 20 km dari kota Atambua. Anda dapat menggunakan transportasi umum dengan biaya sekitar Rp 15.000 per orang, lalu bisa juga dengan ojek sekitar Rp 25.000 per orang sekali perjalanan, atau dengan menyewa kendaraan yang dapat digunakan bersama-sama dengan biaya sekitar Rp 250.000 per kendaraan.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/nusa-tenggara-timur/teluk-gurita-pelabuhan-alami-yang-indah-di-nusa-tenggara-timur.html
Comments
Loading...