Keindahan Alam Situ Sukarame Sukabumi

0 218

Situ Sukarame

Situ Sukarame adalah salah satu objek wisata yang berada di Parakansalak Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia. Situ Sukarame merupakan sebuah danau atau situ dalam Bahasa Sunda. Danau ini konon merupakan danau buatan pada masa lalu dan tempat bertemunya 7 aliran sungai. Objek wisata Situ Sukarame berada tepat di kaki Gunung Salak. Apabila para wisatawan ingin menikmati danau dan ingin mengitari danau, maka di sekitar danau tersebut banyak menyewakan rakit yang memuat sampai 30 orang yang dipungut dengan harga Rp. 2000,- saja per orang.

Situ Sukarame sangat cocok bagi anda yang ingin mengisi liburan bersama keluarga, kawasan ini terbilang sejuk dan menarik untuk dikunjungi. Danau Sukarame bukanlah danau alami, namun danau buatan yang dibuat pada masa Pemerintahan Belanda ketika masih menguasai wilayah tersebut.

Fasilitas Situ Sukarame

Fasilitas dan pelayanan yang ada di sekitar danau ini terbilang biasa, seperti danau pada umunya. Disini telah disediakan area parkir kendaraan yang luas. Mushola untuk orang yang beragama Islam. Ada juga fasilitas lain, yakni kamar mandi umum, penginapan, dan masih banyak yang lainnya.

Jika anda ingin beristirhat untuk sejenak di kakii Gunung Salak, maka disini anda dapat menemui beberapa penginapan dengan harga yang relatif murah. Penduduk sekitar juga ramah terhadap pengunjung. Untuk urusan perut, jangan khawatir karena disekitar danau terdapat warung-warung kecil yang menjajakan nasi bungkus, mi instan, ataupun gorengan-gorengan hangat yang akan membuat perut anda merasa kenyang. Minuman seperti teh, wedang jahedan minuman hangat lainnya juga disediakan disini.

Sejarah Situ Sukarame

Situ Sukarame adalah danau yang dibuat pada masa Hindia Belanda. Dinamai Situ Sukarame, karena lokasi danau ini yang ada di sekitar Desa Sukarame. Awal mulanya, di kawasan tersebut tidak ada danau sama sekali, melainkan hutan rimba tanpa adanya penduduk. Orang yang pertama kalii menempati tempat tersebut bernama Ama Sadarina. Dia adalah pimpinan dari Kerajaan Mataram yang bersembunyi dari Koloni Belanda. Setelah datangnya Ama Sadarina, ia mulai membuka perguruan ilmu Kadigjayaan, dan pada akhirnya tempat itu mulai ramai penduduk dan dikenal dengan nama Kampung Sukarame.

Mitos Situ Sukarame adalah pada zaman dahulu, sebelum selesai dibuat danau, penunggu kawasan tersebut meminta tumbal anak bayi kembar yang dilahirkan dari keturunan bule. Sebelumnya, banyak sekali halangan yang membuat penyelesaian danau tersebut terhambat. Tapi setelah diberikan tumbal anak kembar dari bule, maka jadilah danau buatan yang kini disebut dengan Situ atau Danau Sukarame.

Akses Menuju Situ Sukarame

Akses lokasi untuk menuju tempat wisata Situ Sukarame mampu diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Para pelancong yang ingin mengujungi tempat wisata ini hanya akan memakan waktu 1 kilometeran dari jalan utama untuk menuju Situ Sukarame.

Harga Tiket Masuk Situ Sukarame

Dengan menyajikan wisata alamnya yang indah, harga tiket masuknya terbilang sangat murah. Anda akan dikenai biaya sebesar Rp. 5000,-. Jam buka Situ Sukarame adalah dari pukul 08.00-21.00 WIB.

Source wisata wisatajember
Comments
Loading...