Keindahan Alam Situ Lengkong Panjalu Ciamis

0 176

Situ Lengkong Panjalu

Objek Wisata Situ Lengkong merupakan sebuah wisata danau yang memiliki area seluas 57,95 hektar (situ = danau dalam bahasa Sunda) yang terletak di Kecamatan Panjalu, Ciamis utara, maka dikenal sebagi Situ Lengkong Panjalu, atau Situ Panjalu saja. Danau dengan kedalamannya berkisar antara 4 hingga 6 meter tersebut, istimewanya, serta mempunyai satu pulau (nusa) seluas 9,25 hektar yang dinamakan Nusa Larang atau Nusa Gede. 

Akses Menuju Situ Lengkong Panjalu

Lokasi Objek Wisata Situ Lengkong Panjalu berada disebelah utara, situ ini berbatasan bersama wilayah Talaga Kabupaten Majalengka dan Kuningan. Untuk mencapai obyek Situ Lengkong lumayan enteng. Dari arah Bandung akan ditempuh lewat rute Ciawi, Panumbangan, Panjalu, bersama jarak seputar 100 Kilo Meter. Sedangkan dari Ciamis, berjarak kurang lebih 35 kilo meter lewat trayek Buniseuri, Kawali & hingga di Panjalu.

Keistimewan Situ Lengkong Panjalu

Keistimewaan Objek Wisata Situ Lengkong Panjalu ini berada di ketinggian kurang lebih 70 meter dpl, Situ Lengkong ialah perpaduan antara objek wisata alam dan wisata budaya. Di objek wisata ini visitor bisa menyaksikan keindahan danau yang berudara sangat sejuk serta berperahu mengelilingi nusa. Keadaan alam Situ Lengkong yang sejuk menjadi sebuah khas daerah pegunungan & jauh dari polusi, menjadikan visitor bakal betah berlama-lama berdiam di kawasan konservasi tersebut.  Bagi wisatawan yang datang, tidak hanya menikmati keindahan alam, serta sanggupbisa berziarah ke makam kuno Prabu Hariang Kancana, putra Sanghyang Borosngora di Nusa Larang & mengahdiri Musium Bumi Alit, di mana disana tersimpan benda-benda purbakala seperti Menhir, Batu Pengsucian, Batu Penobatan juga naskah-naskah & pekakas peninggalan milik Raja-raja Panjalu masa lampau, antara lain berupa pedang, cis & genta (lonceng mungil) peninggalan Prabu Sanghyang Borosngora.

Nusa Larang Situ Lengkong Panjalu

Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jenderal Hindia Belanda (Besluit van den Gouverneur-Generaal van Nederlandsch Indie) Nomor 6 pada tanggal 21 Februari 1919, Situ Lengkong ditetapkan sebagai kawasan cagar alam (Natuurmonument). Pada zaman Kolonial Belanda, Nusa Larang juga dinamakan Pulau Koorders.   Ini sebagai bentuk penghargaan kepada Dr Sijfert Hendrik Koorders, seorang ahli botani pendiri sekaligus ketua pertama Nederlandsch Indische Vereeniging tot Natuurbescherming (Perkumpulan Perlindungan Alam Hindia Belanda) yang didirikan tahun 1863.

Source Jalan Wisata alampriangan
Comments
Loading...