Keindahan Alam Pulau Ndana, di Pulau Rote

0 95

Pulau Ndana adalah pulau paling selatan dari NKRI. Lokasinya berada disebelah selatan pulau Rote. Jika kita sering mendengar lirik lagu, “dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai pulau Rote” dan mengganggap pulau Rote adalah pulau paling selatan negeri ini, mungkin itu perlu dikoreksi. Sejatinya pulau Ndana inilah yang menjadi pulau terdepan dan merupakan lokasi tapal batas paling selatan NKRI. Berada di koordinat 10°58’56” LS dan 122°51’49” BT, pulau ini dapat dijangkau melalui kota Kupang lalu dilanjutkan menuju pulau Rote (via laut atau udara) untuk kemudian dari Rote dilanjutkan kembali menggunakan jalur laut menuju pulau ini.

  

Pulau ini adalah pulau kosong tak berpenduduk yang saat ini hanya diisi oleh TNI sebagai penjaga perbatasan dan Rusa – Rusa rote yang keberadaannya dilindungi. Ditengah – tengah pulau kita juga dapat menjumpai danau air tawar yang berwarna merah yang menjadi keunikan tersendiri dari pulau ini. Namun, ada cerita berbeda mengenai pulau Ndana di masa lampau yang konon sempat juga menjadi tempat bermukim.

Konon, Masyarakat mempercayai bahwa Danau Merah yang berada ditengah Pulau Ndana merupakan darah penduduk yang dibunuh akibat perseteruan. Kisah ini berawal dari beberapa orang nelayan dari Pulau Rote mencari ikan sampai ke Pulau Ndana. Kebetulan pada malam itu, Ndana tengah berpesta. Karena banyak putri-putri Ndana yang cantik, nelayan tersebut mengodanya. Hingga akhirnya karena kemarahan warga Ndana, nelayan tersebut akhirnya terbunuh.

Seorang wanita menunggu suaminya di Pulau Rote. Mendengar kabar suaminya terbunuh, wanita tersebut menceritakan semua kepada anaknya. Amarah memuncak, kemudian anak tersebut pergi ke Ndana dengan membawa kerbau. Warga Ndana yang tak pernah melihat kerbau sangat penasaran, dan kemudian tanpa disadari warga tersebut terbunuh. Sejak saat ini, warna air tersebut berubah menjadi merah seperti darah. Cerita inilah yang dipercaya sampai sekarang oleh masyarakat sekitar.

Disini kita akan melihat sisi lain dari anggota TNI. Jauh dari hiruk pikuk dunia luar dan seperti terpenjara dalam pulau Ndana. Namun tidak bagi mereka, Anggota TNI siap mengamankan setiap jengkal tanah negeri ini. Bahkan, sudah tertanam dijiwa mereka bahwa NKRI adalah harga yang harus dijaga sampai mati. Apalagi Pulau Ndana berada dibagian terluar Indonesia. Dari Markas TNI, sekitar 1 km terdapat Patung Jendral Sudirman berdiri dengan gagah. Patung Sudirman ini diresmikan pada tahun 2011 dan merupakan monumen sebagai titik terluar pulau bagian selatan.

Source https://www.kaskus.co.id https://www.kaskus.co.id/thread/59f2fff6925233d7678b4568/mengenal-pulau-ndana-pulau-paling-selatan-indonesia/
Comments
Loading...