Keindahan Alam Pulau Lok, Lampung

0 56

Pulau Lok

Pulau Lok Lampung merupakan satu dari tiga pulau kecil yang lokasinya saling berdekatan di Teluk Pidada. Berkunjung ke sini, kamu akan bisa meraskaan suasana yang mendamaikan hati. Dengan pemandangan pasir putih serta hutan mangrove yang ada di sepanjang mata. Pulau Lok Lampung ini berada ditengah-tengah antara Pulau Balak dan Pulau Lunik. Sekitar 400 meter sebelah pulau Balak dan 300 meter sebelah pulau Lunik. Pantainya berpasir putih dan membentang ke seluruh wilayah pulau. Pengunjung yang datang biasanya menghabiskan waktu di sini sambil bermain pasir, snorkeling ataupun hanya duduk-duduk saja di pasir sambil menikmati semilir angin dan pemandangan indah pantai.

Pulau Helok atau Pulau Lok Lampung ternyata ada penghuninya lho…. Adalah satu keluarga Pak Hanapi dan Ibu Muniroh yang tinggal di pulau ini selama 27 tahun, yang ditemani oleh seorang anak dan seorang cucu. Yang special adalah banyak sekali pohon ketapang yang tumbuh sebagai peneduh alami sehingga suasana pantainya terasa sejuk dan adem. Daunnya yang lebar membuat sinar matahari tak dapat langsung menyentuh kulit.

Bagi para pecinta snorkeling, wajib mencoba sensasi bawah laut di perairan Pulau Lok ini. Bawah lautnya begitu indah, dengan areal terumbu karang yang memiliki persentase tutupan karang cukup tinggi yakni lebih dari 70%. Para wisatawan pun bisa berpuas-puas menjelajahi seisi pulau kecil ini. Terlebih pulau ini memang mempunyai suasana yang sangat sepi, bahkan berasa seperti pulau pribadi saat berkunjung ke Pulau Lok Lampung ini.

Berbagai jenis karang bisa dijumpai. Karang bercabang atau branching coral, karang massif atau massive coral, karang daun atau foliose coral, karang jamur atau mushroom coral, sedikit karang lunak dan biota asosiasi non karang lainnya, seperti karang api atau fire coral, anemon, kipas laut (sea fan), banyak ditemukan dan tumbuh berkembang serta saling berkompetisi untuk memperebutkan ruang dan makanan.

Lokasi Pulau Lok

Pulau Lok ini masuk dalam kawasan Teluk Pidada di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran. Cara menuju ke tempat ini juga terbilang cukup mudah.

Akses Menuju ke Pulau Lok

Perjalanan menuju Pulau Lok, dimulai dari pelabuhan di Desa Ketapang, Padang Cermin. Dari pelabuhan Ketapang inilah armada kapal akan membawa kita ke trio pulau ini. Dari speed boat dengan kapasitas 5-6 orang atau kapal biasa (kapasitas mencapai 15 orang), siap mengantar kita menuju Pulau Lok. Jika memilih menggunakan speed boat, waktu tempuhnya lebih singkat sekitar 40 menit saja.

Tetapi jika menggunakan kapal biasa, waktu tempuhnya akan lebih lama sekitar 60 menit untuk sampai ke Pulau Lok Lampung. Perjalanan ke tempat ini akan lebih seru kalau dilakukan secara berkelompok bersama dengan teman ataupun keluarga. Bisa pula lebih menghemat biaya pengeluaran. Karena memang pulau-pulau ini masih belum terjamah dan masih sangat alami jadi jangan heran jika tidak ada listrik, tidak ada toilet ataupun fasilitas lainnya. Oleh karenanya, jangan lupa membawa serta semua perbekalan yang diperlukan dari mulai makanan, minuman, cemilan dan perlengkapan lain ya.

Source http://pariwisata.pesawarankab.go.id http://pariwisata.pesawarankab.go.id/pulau-lok-lampung/
Comments
Loading...