Keindahan Alam Pantai Tebakak, Pesisir Utara

0 61

Pantai Tebakak

Pantai Tebakak atau orang Krui sering menyebutnya Tembakak adalah sebuah pantai yang terletak agak ke luar dari kota Krui. Jaraknya dari kota Krui sekitar 20 km ke arah utara atau di jalan raya menuju Pugung Tampak, kecamatan Pesisir Utara.

Pantai Tembakak merupakan bagian dari Kecamatan Karya Penggawa yang berbatasan dengan Kecamatan Pesisir Utara, Lampung Barat. Namun dengan terbentuknya daerah otonomi baru, pantai ini sekarang merupakan bagian dari Kabupaten Pesisir Barat, sebagaimana wilayah Pesisir Krui lainnya.

  

Pantai Tembakak berbeda dengan pantai-pantai lain di sekitar kota Krui. Kalau pantai-pantai lain mempunyai pasir putih atau abu-abu, pantai ini khas dengan bebatuan hitam besar-besar yang bertebaran di sana-sini yang menutupi sebagian besar wilayah pantai.

Pemandangan di pantai ini didominasi oleh batu-batu hitam besar dan kecil nan romantis dan spektakuler ketika ombak memecah. Hanya sedikit wilayah pantai yang berpasir. Pantai ini berhadapan dengan Pulau Pisang, satu-satunya pulau yang ada di wilayah Krui.

Jarak antara Pulau Pisang dengan pantai ini kurang dari satu kilometer. Masyarakat Krui dan sekitarnya menjadikan pantai ini sebagai pelabuhan untuk menyeberang dari dan ke Pulau Pisang. Selain itu pantai ini juga terkenal sebagai tempat peristirahatan para travelers yang melalui Jalan Lintas Barat Sumatera antara Krui dan Bengkulu.

Source http://novenrique.blogspot.com http://novenrique.blogspot.com/2013/03/pantai-tebakak.html
Comments
Loading...