Keindahan Alam Pantai Sengaran, di Belitung Timur

0 144

Pantai Sengaran

Pantai Sengaran merupakan pantai yang paling beda dengan pantai lainnya di Belitung. Apabila sebuah pantai selalu diidentikan dengan biru air lautnya, maka tidak untuk Pantai Sengaran. Pembeda sekaligus penarik perhatian yang dimiliki Pantai Sengaran ada pada hutan mangrovenya. Warna-warni alam tersedia dalam satu tempat penuh pesona ini, Pantai Sengaran.  Hal unik yang terdapat di Pantai Sengaran dan menjadi nilai lebih sebagai destinasi wisata adalah luas pantainya. Luas Pantai Sengaran berubah-ubah, sangat kontras, tergantung tingginya air laut.

 

Jika air sedang pasang, kalian mungkin akan kesulitan merasakan halusnya pasir di Pantai Sengaran. Hampir seluruh area pantainya tertutup air. Namun, ketika air surut, Pantai Sengaran akan terlihat sangat luas, bahkan kalian dapat melihat pulau-pulau pasir berukuran kecil yang terbentuk. Air di Pantai Sengaran juga sangat jernih, seperti pantai-pantai lain yang ada di Belitung. Perbedaan yang mencolok antara Pantai Sengaran dengan pantai lain di Belitung ada pada muaranya. Anda bisa langsung melihat air sungai yang bermuara ke laut.

Kontras warna air sungai yang hijau segar dengan air laut yang biru terang akan sangat terlihat, membuat pemandangan disana sangatlah menarik dan tak ada duanya. Situasi disana juga mendukung bagi Anda yang gemar dengan tempat-tempat hening, karena Pantai Sengaran hanya ramai disaat akhir pekan. Hampir tidak ada warung atau penjajak makanan disana. Jarak warung terdekatpun bisa mencapai 3 kilometer. Maka dari itu, usahakan sudah menyediakan bekal untuk menikmati pantai yang satu ini. Saat berkunkjung ke Pantai Sengaran, tidak ada satupun pungutan biaya untuk masuk ke Pantai Sengaran, semua gratis! Tapi, tidak begitu jauh dari bibir pantai memang terlihat sebuah gerbang.

Menurut penuturan warga sekitar, biaya retribusi tetap ada, tapi hanya diberlakukan pada saat ramai. Faktanya, Pantai Sengaran merupakan tempat berkumpul dan nongkrongnya remaja- remaja Kecamatan Kelapa Kampit dan Manggar di kala libur. So, jika Anda mau berwisata ke Pantai Sengaran, silahkan pilih suasana yang kalian inginkan: sepi atau ramai. Apabila Anda lebih nyaman dengan situasi tenang, maka datanglah saat weekday; Namun jika ingin ramai, datanglah saat akhir pekan. Tenang atau ramai yang dimaksud disini tidak se-ramai pantai di Ancol atau Bali.

Aktivitas di Pantai Sengaran

Anda bisa memancing di muara yang terdapat di Pantai Sengaran. Ikannya masih melimpah. Nggak jarang terlihat warga sekitar yang ramai-ramai memancing dipinggirnya. Berada di Pantai Sengaran seperti menikmati lengkapnya fasilitas di hotel bintang lima. Apa yang Anda mau, ada disana. Dari birunya air laut, hingga hijaunya pepohonan akan memanjakan seluruh indera kalian.

Tips Berwisata ke  Pantai Sengaran

Pembeda Pantai Sengaran dengan pantai lain di Belitung adalah muaranya. Nah, soal muara, Anda harus berhati-hati saat berada disana. Jagalah jarak Anda dengan muara tersebut. Warga sekitar pernah beberapa kali melihat buaya muara menampakan diri. Entah benar atau tidak, yang jelas Anda tetap harus berhati-hati.

Rute Menuju Pantai Sengaran

Walaupun memang kebanyakan lokasi- lokasi wisata di Belitung selalu menarik, namun masing-masing memiliki perbedaan, dan tentu saja hal ini berlaku juga di Pantai Sangaran. Pantai Sengaran berada di bagian paling utara Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung. Tanjung Pandan, jangan harap ada angkutan umum yang dapat kalian gunakan. Letaknya cukup jauh dari kota. Setidaknya butuh waktu sekitar 2 jam untuk mencapai lokasi wisata ini. Anda dapat menyewa motor atau mobil. dengan harga yang bervariatif.

Mulai dari Rp. 60.000 untuk satu unit motor, dan Rp. 400.000 untuk satu unit mobil. Rute yang harus kalian tempuh juga cukup rumit. Jika Anda berangkat dari pusat Tanjung Pandan, maka kalian harus menuju Jl. A. Yani lalu menuju Jl. Ayertayu. Setelah itu, lanjutkan ke Jl. Sudirman untuk menuju Jl. Bandara-Manggar. Sisanya Anda cukup mengikuti jalan menuju Manggar. Saat Anda sampai di Kecamatan Kelapa Kampit, Anda akan dipermudah dengan penunjuk jalan menuju Pantai Sengaran.

Source https://www.pedomanwisata.com https://www.pedomanwisata.com/wisata-bahari-pantai/pantai-pasir-putih/pantai-sengaran-di-belitung-pantai-yang-unik-dengan-hutan-manggrove-yang-indah
Comments
Loading...