Keindahan Alam Pantai Oi Hodo, di Kabupaten Bima

0 128

Pantai Oi Hodo

Pantai Oi Hodo (Oi Caba) merupakan salah satu lokasi objek wisata bagi masyarakat yang ada diwilayah Kabupaten Dompu dan sekitarnya, lokasi ini  tempat rekreasi yang diminati oleh masyarakat untuk dikunjungi yang dilihat sangat unik, sekaligus terlihat indah dari tatapan mata memandang, apalagi saat ini aksen jalan menuju lokasi tersebut sangat bagus untuk dilalui.

Dengan melihat kondisi jalannya yang kini sangat baik, masyarakat sudah tidak lagi kesulitan untuk berkunjung kelokasi itu, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, jalanyanya masih dalam kondisi rusak, pantai oi hodo terletaknya pada jalan utama lintas Dompu-Calabai dikaki Gunung Tambora. Kalau diakses tempat wisata Oi Hodo dapat ditempuh selama tiga jam dari Kota Bima menggunakan mobil dan dari Kabupaten Dompu hanya satu jam dengan melihat akses jalan yang begitu baik.

Lokasi wisata Oi Hodo yang begitu dikenal dimasyarakat Dompu ini cukup unik dan pantas dijadikan tempat wisata yang mendunia, keunikannya mata air yang bersatu dengan pasir laut tersebut ternyata rasanya tawar, padahal berada dipinggir laut tetapi tidak terasa asin dan airnya pun begitu besar keluar dari tebing jalan raya.

Walaupun terlihat tidak nampak terurus oleh Pemerintah setempat, tempat wisata Oi Hodo dapat menjadi tempat pemandian yang indah, pengunjung dapat berendam setelah mandi air laut. Keunikan lainnya, banyaknya mata air yang keluar dipasir laut dan rasanya pun tetap tawar dan terbentang hingga ratusan meter sepanjang pasir pantai.

Pengunjung Pantai Oi Hodo Irawan warga kota Bima yang kebetulan istirahat makan dilokasi tersebut, mengaku selama ini hanya mendengar informasi keunikannya saja,”namun setelah singgah dilokasi tersebut ternyata benar bahwa pantai oi hodo selain ada lautnya juga memiliki mata air tawar walaupun keberadaan air itu berada dibir laut namun tetap tawar. ujarnya. Tambahnya, apalagi mata airnya begitu besar sehingga dapat menjadi tempat berenang setelah mandi air laut.”mestinya tempat ini perlu dikembangkan karena keunikannya,” harapnya.

Dari pengunjung lain, Agus yang merupakan warga Dompu menceritakan, pantai itu ada sejak dirinya belum lahir. Saat kecil, ia sering diajak orang tua dan keluarganya untuk berwisata di pantai tersebut. Namun disesalkan tidak adanya perhatian pemerintah setempat, kalau disentuh oleh pemerintah pastinya akan lebih ramai pengunjung, tidak saja lokal tapi domestik. Lanjutnya, lokasi wisata Oi Hodo juga menjadi salah satu tempat persinggahan bagi setiap orang yang akan ke wilayah Pegunungan Tambora, kelelahan karena jauhnya perjalanan ditambah keunikan airnya, sehingga warga yang melintas, seolah wajib untuk singgah sekedar untuk menikmati dingin dan segarnya air.

Source http://pengaduan-lain-lain.kampung-media.com http://pengaduan-lain-lain.kampung-media.com/2014/10/27/wisata-pantai-oi-hodo-butuh-sentuhan-6053
Comments
Loading...