Keindahan Alam Pantai Nanga Rawa, di Manggarai Timur

0 159

Pantai Nanga Rawa

Pantai Nanga Rawa merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di Kampung Nanga Rawa, Desa Bamo, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. Untuk ke Pantai Nanga Rawa, bisa melalui jalur darat dari Kisol, Kelurahan Tanah Rata, kemudian menyusuri jalan sepanjang 15 kilometer melalui Kampung Sere – Kampung Padang – Kampung Munting. Dari Kampung Munting, Pantai Nanga Rawa berjarak sekitar 3,5 kilometer.

Hampir sebagian besar akses jalan sudah diaspal. Meski sedikit terganggu, perjalanan tidak akan sebosan kelihatannya karena dalam perjalanan akan disuguhi udara yang sejuk, jalan naik turun berkelok dengan bentangan bukit-bukit kecil di kanan-kiri yang menyejukkan mata. Sebelum sampai di pantai, akan lebih dulu menemukan gubuk-gubuk kecil di perkampungan Nanga Rawa yang mulai terasa panas.

Pantai Nanga Rawa adalah satu dari sekian pantai berpasir putih bersih yang memiliki panorama istimewa. Hamparan pasir putih, deburan ombak dan air laut yang jernih akan menyambut siapa saja yang datang di Pantai Nanga Rawa. Pantai Nanga Rawa memiliki garis pantai yang begitu panjang sekitar 1 kilometer dengan karakteristik ombak yang cukup besar dan bergelombang.

Suasana di sekelilingnya masih alamiah dan belum tersentuh oleh fasilitas apapun. Di sisi kanan dan kiri Pantai Nangarawa terdapat Tanjung Batu. Pantai ini seolah menjadi pantai pribadi masyarakat di daerah sekitarnya saja. Selain pantai, ada potensi wisata lain seperti padang luas yang dihuni oleh gerombolan sapi liar. Jika ingin mencoba sensasi petualangan yang menyenangkan, jangan lewatkan padang membentang di atas bukit Pantai Nanga Rawa.

Tidak membutuhkan waktu lama untuk mencapai atas bukit yang tidak begitu tinggi. Sampai di atas bukit, terhampar padang rumput luas yang dibatasi deretan pegunungan hijau di belakangnya. Padang ini disebut dengan Padang Savana Poda Sombi. Jika beruntung, ada puluhan kuda yang tampak berkeliaran dengan bebas menikmati makan siang mereka.

Di titik ini, pemandangan alam terasa sangat lengkap. Tampak Pantai Nanga Rawa yang berwarna biru jernih, padang savana hijau dengan hewan liarnya, Gunung Ndeki dan perbukitan hijau di sekelilingnya membuat siapa saja tak ingin segera beranjak di tempat panas ini.

Tidak berhenti disitu. Jika ingin berpetualang, jangan lelah naik turun bukit, karena menyusuri padang hingga ujung bukit juga perlu dicoba. Ada beberapa pantai lagi di sisi Pantai Nangarawa yang bisa ditelusuri untuk menikmati pesona alamnya. Setelah naik turun bukit dengan trek yang melelahkan dan area padang savana, pemandangan alam yang aduhai indahnya terpampang di depan mata. Luasnya padang dan lautan biru tersaji di sepanjang mata memandang. Tapi jangan sekali-sekali berpikiran untuk melompat dari bukit.

Padang dan area Pantai Nangarawa masih sangat sepi. Jangankan wisatawan, masyarakat sekitar juga tidak begitu banyak yang menghabiskan waktu menelusuri bukit dan pantai. Itulah kenapa kebersihan di daerah ini masih sangat terjaga. Pantai Nanga Rawa memang sudah tidak asing menjadi salah satu pantai andalan di daerahnya dan mungkin kepopulerannya akan segera terdengar ke penjuru negeri.

Source http://www.manusialembah.com http://www.manusialembah.com/2018/05/pantai-nanga-rawa-ntt.html
Comments
Loading...