Keindahan Alam Pantai Muara Sambat Kaur

0 23

Pantai Muara Sambat

Pantai Muara Sambat merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di Kota Kaur, Bakal Makmur, Maje, Kabupaten Kaur, Bengkulu 38963. Pantai Muara Sambat ini terletak hanya sekitar 2 km saja dari pusat kota Bintuhan. Di Pantai Muara Sambat ini terdapat muara sungai yang cukup besar yang dinama kan sungai sambat atau sebagai orang menyebutnya air jawe. Sungai yang bermuara ke Pantai Sambat ini menghubung kan desa desa dalam kecamatan Maje sepanjang hampir 10 km.
 
Dengan sumber mata air didaerah pegunungan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten OKU selatan, Sumatra Selatan. Di Pantai Muara sambat ini kini tengah di bangun dermaga tempat pendaratan kapal kapal atau perahu nelayan sekaligus direncanakan oleh Pemerintah Kabupaten kaur dermaga Muara sambat sebagai sentra tempat pelelangan dan pendaratan perikanan disamping juga telah berdiri bangunan kantor TPI Muara Sambat.
Di sungai Muara Sambat ini sangat ideal sekali bagi para pemancing ikan mapun kegiatan menangkap ikan disepanjang pantai dan muara sungai. Pada hari hari libur maupun sore hari di Pantai Sambat ini banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitarnya mapun para pendatang lainnya baik untuk bersantai ,maupun untuk memancing atau menjala ikan.
Pantai Muara Sambat dulunya merupakan pusat perdagangan dan perekonomian masyarakat berupa pasar Kalangan atau pasar mingguan yamg dikenal bagi masyarakat Bintuhan dg pekan Sambat. Pekan Sambat ditetapkan sebagai hari kalangan adalah setiap hari Minggu. Tapi kini pusat kalangan tersebut sudah dipindahkan kepasar Inpres setiap hari di Bintuhan.
Source http://wargakaur.blogspot.com http://wargakaur.blogspot.com/2011/01/blog-post.html
Comments
Loading...