Keindahan Alam Pantai Asam Satu, Flores

0 24

Pantai Asam Satu

Pantai Asam Satu merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kabupaten Flores Timur memang kaya akan pantai yang indah, kali ini pantai yang tidak jauh dari Ibukota Kabupaten Flores Timur, Larantuka. Pantai Asam Satu berada di lingkungan Weri, Larantuka.
Sebuah pantai yang dulunya tidak terurus dan digunakan untuk para Pemuda sekedar minum-minum, sesekali pada hari libur digunakan oleh masyarakat Larantuka untuk berpiknik disekitar pantai, hanya sebagian kecil pantai yang digunakan. Karena sebagian besar pantainya tidak terurus, rumput liar banyak yang tumbuh. Pantai yang tidak terurus ini membuat banyak orang tidak mengetahui bahwa pantai tersebut mempunyai keindahan yang luarbiasa, pantai berpasir putih yang luas dan pemandangan yang eksotis.   

Pantai Asam Satu sudah banyak dikunjungi dan terus melakukan pengembangan dari infrastruktur maupun pelayanan. Sepanjang pantai tersedia lopo yang cukup banyak, beratapkan alang-alang yang menjadi kekhasan dari NTT pada umumnya. Beberapa ayunan yang terbuat dari ban bekas, dimodifikasi hingga menjadi ayunan yang nyaman untuk diduduki. Spot foto berbentuk love satu (1) dan love (2) yang menjadi andalan Pantai Asam Satu. Spot love menjadi daya tarik tersendiri, karena kebanyakan yang datang hanya untuk memotret pada spot love tersebut. Selain itu juga tersedia penyewaan ban renang, makanan dan minuman yang bervariasi, fasilitas wifi berbayar  serta sesekali melakukan live musik pada malam minggu.

 Pantai Asam Satu memiliki pasir putih panjang yang bersih dan halus. Ombak yang tidak terlalu besar dan ramah untuk anak-anak bermain air. Namun, pada musim tertentu, ombak bisa mencapai 2 meter dari pantai ini kita bisa melihat derasnya arus di selat Gonsalu yang memiliki kecepatan kekuatan 2,5 meter perdetik pada bulan gelap dan 3,5 meter perdetik pada bulan terang (purnama). hal ini karena pengaruh gravitasi bulan “menarik” permukaan laut di bumi. Pantai Asam Satu juga menawarkan pemandangan matahari terbit yang elok. Matahari terbit dari balik gunung Pulau Adonara warna emas yang tercipta, memberikan nuansa berbeda.

Keindahan bawah laut Pantai Asam Satu juga tidak bisa dibilang biasa saja. kebiasaan masyarakat memancing ikan dengan alat tradisional memicu perkembangan biota laut. Jika berminat untuk snorkeling atau diving, sediakan peralatannya sendiri. Karena, tidak ada tempat penyewaan alat di sekitar Pantai Asam Satu. Hari minggu dan hari libur adalah saat berkunjung yang sangat diminati dan jumlah pengunjung bisa meningkat pesat dari hari biasanya. Apalagi dengan tidak adanya karcis saat masuk, memudahkan siapapun untuk berkunjung ke Pantai Asam Satu. Kotak sumbangan sukarela menjadi pengganti tiket/karcis masuk ke Pantai Asam Satu. Meningkatnya keinginan masyarakat untuk berwisata dan bersenang-senang maka Pantai Asam Satu dipastikan akan terus mengalami peningkatan pengunjung dan peningkatan pendapatan.

Source http://blogpemimpisang.blogspot.com http://blogpemimpisang.blogspot.com/2017/10/wisata-pantai-di-flores_21.html
Comments
Loading...