Keindahan Alam Gunung Surian di Sumedang

0 274

Gunung Surian

Gunung Surian merupakan salah satu tempat wisata alam gunung kecil atau bukit yang berada di wilayah Desa Jemah, Sumedang . Letaknya tidak jauh dari wilayah aliran sungai Cimanuk. Menurut data peakery, Gunung Surian memiliki puncak dengan ketinggian sekitar 290 meter di atas permukaan laut (sementara menurut data Geoview.info, puncak Gunung Surian memiliki ketinggian elevasi pada 315 meter di atas permukaan laut).

Jika dihubungkan dengan bendungan Jatigede, lokasi Gunung Surian berada tepat di sebelah selatan bendungan Jatigede atau sebelah hulu bendungan. Jarak dengan bendungan Jatigede sekitar 1,7 kilometer. Karena lokasinya berada di sebelah hulu bendungan dan terletak di wilayah genangan bendungan Jatigede, seiring dengan digenanginya bendungan Jatigede Gunung Surian juga ikut tergenangi. Hanya saja tidak keseluruhan bagian Gunung Surian yang tenggelam, namun hanya sebagian saja. Bagian puncak Gunung Surian tidak ikut tenggelam, sehingga membentuk pulau di tengah bendungan Jatigede.

Hasil gambar untuk Keindahan Alam Gunung Surian di Sumedang

Ketika penggenangan bendungan Jatigede, bagian bawah Gunung Surian sengaja ditebangi pepohonannya. Sementara bagian puncaknya dibiarkan berbentuk hutan, tidak ditebangi. Harapannya, puncak Gunung Surian menjadi habitat bagi satwa liar yang sebelumnya menghuni hutan yang berada di daerah genangan bendungan Jatigede di sekitaran Gunung Surian.

Source Jalan Wisata sumedang
Comments
Loading...