Keindahan Alam Gunung Meja, di Pulau Ende

0 157

Gunung Meja 

Gunung Meja  merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di Kabupaten Ende Gunung Meja  ini Diberi nama Gunung Meja karena puncak ini sangat datar seperti meja. Puncak yang datar itu membuat gunung ini mudah dikenali oleh siapapun. Jika terbang menuju kota Ende maka gunung ini akan terlihat sekilas. Gunung yang menjadi ikon Ende ini juga bisa terlihat dari Pantai MBu’u dan Pantai Tangga Alam. Kok bisa gunung puncaknya datar? Ternyata puncak gunung yang datar tersebut tidak terjadi secara alami. Gunung ini memang sengaja dipotong oleh pemda setempat karena mengganggu proses pendaratan dan keberangkatan pesawat dari Bandara Haji Hasan Aroeboesman yang lokasinya tak jauh dari gunung itu. Ternyata keunikan yang dibuat itu tetap bisa jadi indah ya!

  

Gunung itu akan dijadikan taman wisata alam (TWA) dengan membangun sarana dan prasarana pendukung di dalam kawasan itu maupun di sekitar kawasan Gunung Meja. Tidak hanya itu, sarana dan prasarana yang ada di Gunung Meja akan dihubungkan dengan lokasi wisata sejarah yang ada di Kota Ende, terutama wisata sejarah yang erat kaitannya dengan Bung Karno.

Dengan demikian, Gunung Meja tidak semata menjadi wisata alam tapi juga wisata budaya dan sejarah. “Nanti ada rute perjalanan yang ditempuh dari Kota Ende hingga ke Gunung Meja,” tanaman di atas Gunung Meja juga akan diubah. Di dalam kawasan itu akan ditanam jenis tanaman yang berbeda bunganya, yakni merah dan putih sehingga ketika mekar akan terlihat merah putih sebagai lambang bendera nasional Republik Indonesia. Itu dilakukan untuk memberikan kesan bahwa Kota Ende adalah kota sejarah yang erat kaitannya dengan perjalanan Bangsa Indonesia.

Source http://kupang.tribunnews.com http://kupang.tribunnews.com/2017/06/28/inilah-rencana-pemerintah-kabupaten-ende-menyulap-wajah-gunung-meja
Comments
Loading...