Keindahan Alam Gunung Mandeu, Kota Belu NTT

0 64

Gunung Mandeu

Gunung Mandeu merupakan salah satu wisata alam yang memiliki keindahan alam yang memukau Gunung Mandeu ini terletak di Desa Raimanus, Kecamatan Raimanuk. Jarak dari Atambua sebagai ibukota Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, sekitar  40 km. Gunung Mandeu dengan ketinggian kurang lebih 1000 mdpl.

  

Gunung ini merupakan sebuah destinasi wisata istimewa karena menawarkan   tiga  jenis obyek wisata sekaligus yakni; obyek wisata alam, minat khusus, budaya. Karena masih baru; belum ada fasilitas penunjang yang terdapat di dalamnya. Ketika  berada di kaki Gunung Mandeu  anda telah disambut dengan hutan  yang masih lebat mulai dari kaki gunung sampai puncaknya. Dengan demikian pada saat anda mendaki Gunung ini  anda akan berjalan dalam lebatnya dedaunan yang tak ditembusi cahaya matahari.

Selain  menawarkan keindahan alamnya, Gunung Mandeu sebenarnya menyimpan banyak bukti sejarah keberadaan kehidupan manusia  di masa lampau. Di tempat ini kita dapat melihat situs – situs peninggalan leluhur orang Mandeu berupa beberapa bekas perkampungan yang didirikan di atas bebatuan yang dikelilingi  pagar  batu dengan lebarnya sekitar 60cm dan tinggi 50 cm.

Pagar batu ini berfungsi sebagai benteng pertahanan untuk  mempertahankan keberadaan mereka pada saat diserang musuh. Selain perkampungan tersebut adapula peninggalan lainnya berupa ksadan – ksadan dan beberapa mata air sakral yang kesakralanya masih dapat dirasakan hingga saat ini.

Source https://floridaissa.wordpress.com https://floridaissa.wordpress.com/2014/11/26/data-objek-wisata-unggulan/
Comments
Loading...