Keindahan Alam Danau Tes Bengkulu

0 23

Danau Tes

Danau Tes adalah sebuah danau terbesar di Provinsi Bengkulu yang terbentang antara dua buah dusun adat suku Rejang, yaitu: dusun adat Kutei Donok (Desa Tengah) dan dusun adat Tes. Danau ini terletak di Kecamatan Lebong Selatan, Kabupaten Lebong, dan berada di lereng pegunungan Bukit Barisan dengan ketinggian 500 meter di atas permukaan laut.

Potensi Danau Tes didukung dengan pemandangan di sekitar kawasan danau yang terletak di Kecamatan Lebong Selatan. Selain dikelilingi kawasan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Danau Tes juga menyimpan pesona alam yang tak kalah menariknya untuk dikunjungi. Sejarah Singkat Berdasarkan dari beberapa informasi, ada sebuah cerita legenda dari masyarakat sekitar yang mengatakan bahwa Danau Tes ini dulunya adalah aliran dari Sungai Air Ketahun, tapi karena suatu hal akhirnya aliran Sungai tersebut berubah menjadi sebuah danau.

 

Dulu ada seseorang yang sangat sakti, dia hanya hidup berdua dengan anak laki-laki satu-satu nya, dia memiliki lidah yang amat sakti, sehingga apapun yang di katakannya akan selalu menjadi kenyataan. Itulah kenapa masyarakat setempat memanggilnya dengan nama si Pahit Lidah. Akan tetapi, dia tidak pernah mengucapkan sesuatu, jika tidak ada alasan kuat yang mengharuskan dia mengucapkannya. suatu hari, si pahit lidah ingin membuka sebuah lahan di daaerah Baten Kawuk, daerah tersebut berjarak 5 kilo meter dari desa tempat tinggalnya. Setelah mendapatkan ijin dari sang ketua desa, si Pahit lidah mulai memberi tahu warga sekitar kalau dia akan pergi ke Baten Kawuk untuk membuat lahan persawahan.

Si pahit lidahpun mulai bekerja dengan sangat bersemangat dan giat, dia menebang semua pohon di lahan tersebut, dan membersihkan lahan dari semak belukar yang ada. Saat selesai dia mencangkul lahan tersebut, sehingga dalam dua hari dia telah menyelesaikan lahan seluas setengah hektar. Dia amat puas akan hasil kerjanya, akan tetapi para tokoh-tokoh masyarakat dan para tetua di kampungnya mulai mencemaskan sikap si pahit lidah yang membuang tanah hasil cangkulannya ke Sungai Air Ketahun, mereka takut jika aliran air sungai terhenti, maka desa Kutei Donok bisa tenggelam karena banjir. Akhirnya mereka sepakat untuk mengelabui si pahit lidah bahwa anak nya telah meninggal dunia.

Sudah 3 kali para tokoh-tokoh masyarakat datang namun dia tidak pernah percaya hingga sang tetua desa sendirilah yang datang menemuinya, akhirnya dia berkata kalau dia percaya bahwa anaknya telah meninggal dunia. Setelah tamu-tamu tersebut pergi, si pahit lidah kemudian berpikir, kalau anaknya pasti masih hidup, akan tetapi mungkin sekarang telah meninggal karena ucapannya tadi. Mengingat itupun dia menjadi sangat marah dan mencangkul tanah garapannya tadi dengan kuat, lalu membuang tanah tersebut ke aliran sungai Air Ketahun. Saat dia pulang ke desanya, dia mendapati bahwa anak satu-satunya telah pergi dari dunia ini.

Aliran Sungai Air Ketahun yang terhambat tanah garapan inilah yang pada akhirnya melebar sehingga membentuk sebuah danau yang diberi nama Danau Tes ini. Wisata Danau Tes memiliki pemandangan yang sangat indah, dengan pemandangan barisan bukit yang menghijau, serta hamparan sawah penduduk di sekitarnya, benar-benar pemandangan yang tidak bisa anda dapatkan dikota besar. Selain sebagai tempat wisata, Danau Tes juga merupakan pusat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Bengkulu. Danau yang terbentang dari Kutei Donok (Kota Donok) sampai ke Kelurahan Tes Kecamatan Lebong ini luasnya lebih kurang 750 hektare.

Selain itu, disekitar Objek Wisata Danau Tes ini juga, Anda dapat menemui beberapa burung langka yang terbang melintasi danau. Spesies burung tersebut tergolong spesies endemik dan hanya bisa ditemukan di wilayah Bengkulu. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan WisataDanau Tes lebih lama, Anda bisa menggunakan fasilitas penginapan yang telah dibangun oleh pihak pengelola. Anda juga bisa berwisata kuliner di beberapa restoran seafood, dan juga restoran terapung bagi Anda yang ingin menikmati makan di atas Danau Tes ini. Selain itu, di sekitar kawasan Danau Tes ini, juga sudah berdiri pasar-pasar tradisional dan juga sebuah minimarket.

Bagi Anda yang membawa keluarga besar, tak perlu khawatir karena nanti bisa menemukan aula besar yang bisa digunakan sebagai rest area jika cuaca tengah terik. Pemandangan dari aula panggung inipun sangat indah, karena pengunjung bisa memandangi keseluruhan danau. Jarak dari pusat kota curup ke lokasi Taman wisata alam Danau Tes ini hanya menempuh jarak sekitar 21 kilometer, dan Anda juga bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jika Anda sengaja datang dari kota Bengkulu, Anda bisa menggunakan bus jurusan Bengkulu-Curup dari Terminal Panorama. Lalu setelah sampai di terminal Curup Anda bisa menaiki bus dengan jurusan desa Kutei Donok.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/bengkulu/danau-tes-bengkulu-ada-kisah-menarik-dibalik-keindahannya.html
Comments
Loading...