Keindahan Alam Danau Lotus, di Manggarai Timur NTT

0 165

Danau Lotus

Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur (NTT) terkenal dengan berbagai danau. Ada danau tiga warna Kelimutu di Kabupaten Ende, ada danau vulkanik yang aktif dengan nama Danau Sano Nggoang. Bahkan ada Danau Ranamese yang masuk dalam Taman Wisata Alam (TWA) Ruteng yang berada di pinggir jalan Transflores Borong-Ruteng.

Selanjutnya, ada sebuah danau di Kelurahan Pota, Kecamatan Sambirampas, Kabupaten Manggarai Timur yang sangat berbeda dengan danau-danau lainnya. Danau itu adalah Danau Rana Tonjong yang merupakan danau lotus (Nelumbo nucifera) raksasa terbesar kedua di dunia setelah danau serupa di India. Dalam dialek Manggarai Timur, ‘rana’ berarti danau dan ‘tonjong’ berarti lotus. Danau ini sudah berusia ratusan tahun.

  

Di sekitar danau ini ada persawahan milik masyarakat Pota. Bahkan, bunga lotus ini bisa mekar tergantung air yang masuk ke danau. Danau ini memiliki luas 2,5 hektar yang selalu mekar pada April-Juni setiap tahun. Bahkan biji lotus ini bisa dimakan oleh masyarakat setempat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Kadar protein dari biji lotus ini sangat tinggi. Warga sekitar danau ini yang berasal dari warga Kelurahan.

Pota selalu mengambil buahnya untuk dimakan bahkan anak-anak sekolah juga makan buah lotus. Para wisatawan asing dan domestik sudah mengetahui bulan mekarnya lotus ini sehingga setiap tahun mereka berkunjung ke Pota untuk melihat keunikan dan keindahan lotus terbesar kedua di dunia ini. Mereka biasanya datang dari Labuan Bajo atau datang dari Maumere yang dibawa oleh pemandu-pemandu di Pulau Flores.

Keindahan dan keunikan yang dimiliki Danau Rana Tonjong sering dikunjungi telah menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Meskipun belum banyak yang mengetahui nilai religius yang terkandung dalam bunga Lotus ini dan manfaatnya untuk kesehatan dan untuk kebutuhan komersial, namun hingga saat ini banyak orang yang takjub akan keindahan dan keunikannya.

Danau Rana Tonjong berada di Kelurahan Pota, Kecamatan Sambi Rampas, di bagian utara Kabupaten Manggarai Timur. Akses jalan raya menuju Pota saat ini cukup bagus karena merupakan jalur jalan nasional. Cara yang terbaik bila berwisata ke Pota apabila dari Labuan Bajo atau dari Borong yaitu melewati Ruteng dan menuju Reo di pantai utara, selanjutnya menuju Pota. Jarak tempuh dari Ruteng sekitar 75 km dan dapat ditempuh dalam waktu 3 jam.

Source https://www.goodnewsfromindonesia.id https://www.goodnewsfromindonesia.id/2015/04/30/danau-lotus-terbesar-di-dunia-ada-di-indonesia
Comments
Loading...