Keindahan Alam Danau Biru di Kabupaten Hulu Sungai Utara

0 152

Danau Biru yang terletak di belakang Taman Makam Pahlawan Tabur Amuntai kini menjadi sebuah tempat kunjungan baru sebagian masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Tabalong. Keindahan Danau Biru yang berlokasi sekitar 8 km dari pusat kota Amuntai tersebut membuat masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Tabalong sering mengujunginya hanya sekedar berlibur bersama keluarga.

Danau Biru merupakan sebuah danau buatan yang terjadi karena tanah merah dikeruk oleh sejumlah perusahaan di wilayah Hulu Sungai Utara. Sebagian masyarakat mempercayai bahwa danau yang berwarna biru itu membawa khasiat kesehatan, sehingga banya warga setempat dan pendatang menyempatkan mandi atau mengambil air danau untuk diminum.

 

“Kemarin saya membawa salah seorang keluarga sakit reumatik, setelah mandi ternyata sakit reumatik yang dideritanya agak berkurang” ujar seorang warga Tabalong Safarudin yang ditemui di Danau Biru. Menurut para ahli, perubahan warna yang terjadi di air danau diakibatkan proses geologi dan kimia di dasar danau.

Perubahan jumlah mineral di dasar danau menyebabkan air selalu berubah dari waktu ke waktu. Perubahan juga mungkin disebabkan pantulan cahaya matahari dan populasi bakteri di dalam air. Memang belum ada penelitian yang bisa mengatakan air di Danau Biru mengandung khasiat kesehatan seperti yang dipercaya sebagian masyarakat sekitar.

Danau Biru yang dikelilingi dengan rindangnya dan sejuknya udara membuat setiap orang yang menikmati merasakan kedamaian. Danau Biru yang berdekatan dengan Lapangan Golf Air Tawar dan Taman Makam Pahlawan Tabur sangat strategis.

“Kami berharap pemerintah daerah dapat melihat potensi wisata dari Lapangan Golf dan Danau Biru, mungkin pemerintah bisa mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat bertempat disekitar tempat tersebut” ujar Adi salah seorang pemuda sekitar. Kabupaten Hulu Sungai Utara memang terkenal dengan wisata Candi Agung dan Plaza Amuntai.Tetapi masih banyak peluang wisata yang bisa diambil.

Source https://kalsel.antaranews.com https://kalsel.antaranews.com/berita/1886/keindahan-alam-danau-biru
Comments
Loading...