Keindahan Alam dan Tradisi Kampung Tololela

0 17

Flores memiliki sebuah kampung yang tradisional yang menawarkan keindahan alam serta pesona adat budaya yang masih dipegang teguh oleh warganya. Di kampung bersejarah yang didirikan oleh nenek moyang sejak zaman batu, ratusan tahun yang lalu ini wisatawan dapat merasakan nuansa adat yang kental dan masih terjaga. Daya tarik utama dari Kampung Tololela ini adalah arsitekturnya yang memikat hati. Saat memasuki perkampungan ini, Sahabat Sporto akan disuguhkan pemandangan rumah-rumah tradisional yang terbuat dari kayu dengan menggunakan ilalang sebagai atapnya.

 

Sejumlah rumah ada yang ada di kampung ini membentuk pola segi empat, di mana bagian tengahnya terdapat lapangan berundak yang digunakan sebagai tempat Ngadu dan Bhaga, selain itu juga ada kuburan batu tua yang diletakkan di tengah lapangan. Kampung Tololela merupakan salah satu kampung yang berada di Desa Manubhara, Kecamatan Jerebuu. Letaknya di puncak bukit di kaki Gunung Inerie yang indah membuat kampung Tololela menyimpan keindahan alam yang sangat menarik dijadikan objek wisata.

Selain itu, daya pikat dari kampung ini adalah perilaku masyarakatnya yang ramah serta masih memegang erat adat istiadat. Salah satunya adalah tradisi Ka sa’o, yang diambil dari bahasa Bajawa, Ka berarti makan sedangkan Sa’o berarti rumah. Ka Sa’o merupakan tradisi yang dilaksanakan sebagai peresmian rumah adat yang baru maupun renovasi.

Acara ini biasanya dihadiri oleh semua anggota suku, saudara dan kerabat dekat. Pada acara ini biasanya ditampilkan tari Ja’i (tarian adat Bajawa) dan diikuti dengan penyembelihan kerbau dan babi. Oleh sebab itu, di setiap rumah-rumah desa kampung ini selalu ada tanduk kerbau yang dulunya dijadikan kurban untuk upacara adat penduduk setempat.

Jumlah kepala kerbau dan rahang babi ini menandakan seberapa banyak rumah ini menyumbang pada saat keluarga lain menggelar pesta atau upacara adat. Ketika kerbau atau babi dipersembahkan untuk keluarga lain, mereka akan pulang dengan kepala kerbau atau rahang babi dan digantungkan di rumah sebagai pertanda bahwa mereka telah mempersembahkan sesuatu untuk keluarga tersebut.

Source https://sportourism.id https://sportourism.id/tourism/melihat-keindahan-alam-dan-tradisi-kampung-tololela
Comments
Loading...