Keindahan Alam Curug Ciwatin di Tasikmalaya

0 224

Curug Ciwatin

Curug Ciwatin merupakan salah satu objek wisata yang banyak dimiliki dan dinikmati oleh masyarakat Provinsi Jawa Barat. Salah satu Curug yang terdapat di Desa Linggalaksana Kec Cikatomas, Tasikmalaya ini adalah curug Ciwatin. Curug Ciwatin tepatnya berlokasi di dusun Nusawangi yang merupakan aliran dari sungai ciwatin sehingga nama curug ini dinamai sesuai dengan nama sungainya. Aliran curug ini merupakan aliran air dari curug Cikoja dan Curug Cibakom ternyata dan merupakan hilirnya dekat dan bermuara di sungai Ciwulan.

Pengolongan Curug Ciwatin

Curug Ciwatin memiliki kalsifikasi sebagai air terjun bertipe Slide Waterfall, Horsetail Waterfall, serta Block Waterfall. Dindingnya cukup landai dengan jatuhan air yang terus mempertahankan kontak dengan dinding air terjun. Jenis batu yang ada hampir semuanya berupa kerikil dan kerakal. Aliran Sungai Ciwatin memiliki beberapa cekungan berarus tenang, sehingga menjadi seperti kolam-kolam kecil di tengah sungai. Serta memiliki lintasan yang tidak terlalu panjang sehingga bertemu dengan aliran utama Sungai Ciwulan. Tepat setelah jembatan arus dari Sungai Ciwulan akan masuk ke aliran Sungai Ciwatin dan bertabrakan dengan arus Sungai Ciwatin yang akan masuk ke aliran utama Sungai Ciwulan. Daerah ini cukup berbahaya, sehingga tidak disarankan untuk bermain dekat mulut pertemuan anak sungai dengan sungai induk.

Akses Menuju Curug Ciwatin

Untuk menuju curug ini sangat mudah, hanya berjarak 6 km dari masjid/ alun-alun Cikatomas dengan belok kanan jalannya pun bagus. dari jembatan curug ini sudah bisa terlihat dan dilanjut dengan trekking yang hanya kurang dari 5 menit. Ketinggian curug ini hanya sekitar 7 m saja, memiliki 2 kolam untuk sekedar berenang dan basah-basahan. Kedalamannya pun hanya sekitar 1 meter. Airnya sangat jernihsehingga sangat asik dan cocok buat main air.

Source Jalan Wisata gunawanblog
Comments
Loading...