Warning: unlink(/tmp/85cfc6e4a03bcd16c625ba7d56e4ea2e-xJbb1k.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Keindahan Alam Curug Cileutak Tasikmalaya

0 204

Curug Cileutak

Curug Cileutak merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berad di Tasikmalaya Jawa Barat. Curung ini menjadi destinasi wisata alam baru di wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Namun, lokasinya yang jauh dari pusat kota dan sulit dijangkau membuat air terjun ini belum dikenal masyarakat. Padahal air terjun yang berada di tengah hutan itu cukup indah dengan suasana alam sejuk dan air yang segar.

Curug Cileutak ini memiliki ketinggian sekitar 10-15 meter dengan lebar sekitar 20 meter yang mengalir dari sungai Ciharuman yang berasal dari daerah perbukitan. Kondisi airnya sangat jernih namun jika musim hujan/ hujan turun warnanya sedikit akan coklat. Terdapat leuwi/ kolam dibawah air terjun ini yang tidak terlalu dalam jadi sangat aman jika dipakai untuk berenang.

Lokasi Curug Cileutak

Curug Cileutak berada pada perbatasan antara Desa Sindangasih, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya dengan Kampung Leuwi Leutak/Cikarees, Desa Harumandala, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Aliran Curug Cileutak berasal dari aliran Sungai Cileutak, namun ada juga yang menyebutkan Sungai Ciharuman. Aliran sungai ini sendiri merupakan pembatas geografis antara Kabupaten Tasikmalaya dengan Kabupaten Pangandaran.

Sungai Cileutak memiliki debit yang stabil, bahkan pada musim kemarau. Oleh karena itu, warga berinisiatif membangun pembangkit listrik mikrohidro secara swadaya. Setelah listrik masuk ke Kampung Leuwi Leutak, listrik dari tenaga mikrohidro masih dipergunakan, hanya tidak oleh semua warga. Terdapat rumah pompa mikrohidro di dekat area Curug Cileutak. Listrik yang dihasilkan dari pembangkit ini sekitar 4000 Watt yang lumayan cukup untuk menerangi waga kampung Cikarees yang berjumlah sekitar 44 kepala keluarga ini yang dimana tiap warga di bebani iuran sebesar 15.000 rupiah perbulan untuk pemeliharaan pembangkit listrik tersebut.

Akses Menuju Curug Cileutak

Meskipun berada di perbatasan antara dua kabupaten, namun hingga saat ini, akses masuk menuju Curug Cileutak berada di wilayah Kabupaten Pangandaran. Akses masuk menuju Curug Cileutak saat ini berada di Kampung Leuwi Leutak, Kabupaten Pangandaran, sehingga masih banyak yang salah memposisikan Curug Cileutak sebagai bagian penuh milik Kabupaten Pangandaran. Rute tercepat menuju Curug Cileutak bila datang dari arah Barat (Bandung, Garut, Cianjur, Tasikmalaya) adalah yang melalui Kecamatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya. Sedangkan bila datang dari arah Utara (Tasikmalaya kota, Majalengka, Sumedang) dapat melalui Manonjaya menuju Kecamatan Salopa kemudian bertemu dengan jalur dari arah Timur. Bila datang dari arah Banjar, Ciamis kota dan sekitarnya, rute yang dapat dilalui yaitu mengikuti jalur utama Ciamis/Banjar – Pangandaran kemudian menuju arah Kecamatan Cijulang kemudian ke Kecamatan Cigugur.

Source Jalan Wisata wisata
Comments
Loading...