Keindahan Air Terjun Mbah Gimo Air Hitam, Lampung

0 18

Air Terjun Mbah Gimo

Air Terjun Mbah Gimo merupakan salah satu diantara banyaknya air terjun yang ada di Lampung Barat. Keindahan air terjun ini juga tak kalah dengan salah satu air terjun indah lainnya di Lampung Barat yakni Air Terjun Sepapah Kiri dan Sepapah Kanan.

  

Lokasi Air Terjun Mbah Gimo

Air terjun ini beralamat di Talang Mbah Gimo, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat. Lokasi air terjun ini berada diantara kebun kopi milik masyarakat. Jika dari Bandar Lampung, jaraknya sekitar 195 km dengan waktu tempuh hampir lima jam perjalanan. Pengunjung bisa melalui Jalan Lintas Tengah dengan rute Bandar Lampung – Bandar Jaya – Kotabumi – Bukit Kemuning – Fajar Bulan – Simpang Mutar Alam – Air Hitam – Air Terjun Mbah Gimo. Jika sudah sampai di Simpang Mutar Alam, ada pertigaan yang mengarah ke Liwa dan arah ke Air Hitam. Ambil arah ke Kecamatan Air Hitam tersebut. Jika dari Bandar Lampung ke arah kiri.

Ikuti jalan terus, kurang lebih 30 menit. Kemudian setelah sampai di Air Hitam. Lanjutkan ke arah Tangkit Temiangan. Sebelum sampai di Tangkit Temiangan anda akan melewati beberapa talang (desa yang menggerombol dan hanya beberapa rumah saja). Salah satu talang yang akan dilewati adalah Talang Mbah Gimo. Jika sudah sampai di talang tersebut, anda bisa menitipkan kendaraan di rumah warga, kemudian berjalan kaki menuju air terjun indah tersebut. Perjalanan anda akan disuguhi hamparan kebun kopi yang hijau. Bukit-bukit yang ditumbuhi kopi ini nampak sangat indah dan sangat sayang jika tidak diabadikan. Untuk kendaraan umum menuju lokasi ini, pengunjung bisa menggunakan bus tujuan Kota Liwa Lampung Barat dari Terminal Rajabasa. Tarifnya sekitar Rp. 40.000 jika berhenti di Simpang Mutar Alam.

Keindahan Air Terjun Mbah Gimo

Air terjun ini belum dikelola sehingga memang kondisinya masih alami. Belum ada biaya atau tiket masuk dan fasilitas-fasilitas lainya. Namun inilah yang menjadi daya tarik tersendiri. Kealamian air terjun ini masih sangat kental terasa, apalagi adanya beberapa pohon besar disekitar air terjun. Air Terjun Mbah Gimo atau juga dikenal dengan nama lain yakni Curup Air Hitam ini tingginya sekitar 10 meter dengan lebar sekitar 20 meter.

Bentuk air terjun ini sangatlah cantik, bentuknya panjang dan melebar sehingga nampak seperti tirai raksasa. Pengunjung bisa mandi di bawah air terjun ini, ada kubangan air yang tidak terlalu dalam. Selain itu juga ada beberapa batu-batu besar yang bisa dijadikan pijakan untuk kemudian berfoto dengan background air terjun. Sore hari biasanya disekitar air terjun ini akan berkabut, hal ini juga akan menambah istimewa. Kabut tebal ini membawa pengunjung seolah sedang berada di lokasi yang sangat tinggi. Air terjun dengan keunikan bentuk dan panorama alam yang sejuk bisa menjadi alasan kenapa anda tidak rugi untuk menjadikannya sebagai daftar kunjungan.

Source https://www.lampung.co https://www.lampung.co/blog/air-terjun-mbah-gimo-air-hitam-tirai-raksasa-tersembunyi-di-lampung-barat
Comments
Loading...