Keindahahan Kampung Tutubhada, di Nagekeo NTT

0 128

Kampung Tutubhada

Kampung Tutubhada terletak di Desa Rendu Tutubhada, Kecamatan Aesesa Selatan, Kabupaten Nagekeo, NTT. yang merupakan Situs Kampung Tua di Kabupaten Nagekeo. Di kampung tersebut masih ada peninggalan-peninggalan benda cagar budaya serta atraksi budaya seperti : Tinju Adat (Etu), Potong Kerbau (Para Bhada), Sunat (Tau Nuwa), dll.

   

Semua rumah yang ada di perkampungan adat Tutubhada sangat unik karena bentuknya sama dengan bentuk rumah adatnya (Ji Vao). Sa’o Ji Vao pertama kali didirikan pada tahun 1983. Ji artinya Kekuatan, Vao artinya Naungan,. Ji Vao artinya rumah tempat bernaung yang oleh masyarakat setempat didalamnya kita menemukan kedamaian. Sa’o Ji Vao mengayomi seluruh suku mulai dari Raja Ulu Tana Tada Riwu sampai ke Raja Eko Tana masyarakat Rendu.

Pembangunan Sa’o Ji Vao melewati 17 tahap ritual adat yang mana pada tahap akhir akan dilaksanakan upacara Para Bhada (potong kerbau). Upacara Para Bhada diawali dengan Bhea Sa oleh perwakilan seluruh kesatuan rumah adat yang ada. Tutubhada termasuk di dalam kesatuan etnik Redu, Kecamatan Aesesa Selatan.

Aktivitas di Kampung Tutubhada

Ketika mengunjungi Tutubhada, para wisatawan dapat langsung menelusuri kampung yang didalamnya terdapat rumah-rumah adat dengan benda-benda cagar budaya yang masih asli peninggalan nenek moyang masyarakat kampung Tutubhada. Selain itu kita dapat berkomunikasi secara langsung dengan tokoh-tokoh adat terkait sejarah kampung Tutubhada sambil menikmati sajian makanan lokal dan beragam atraksi seni budaya.

Akomodasi di Kampung Tutubhada

Di kampung Tutubhada tidak terdapat fasilitas penginapan tetapi karena jarak dari lokasi kampung Tutubhada dengan Ibukota Kabupaten ± 10 Km maka wisatawan dapat memanfaatkan fasilitas akomodasi/penginapan yang ada di Mbay.

Trans­portasi Menuju Kampung Tutubhada

Untuk men­capai kam­pung adat Tu­tubhada anda dapat me­nem­puh per­jalanan dengan meng­gun­akan jasa ojek atau mobil yang dis­e­wakan.

Source http://wisata.nttprov.go.id http://wisata.nttprov.go.id/index.php/2014-01-20-04-43-22/2014-01-20-07-39-48/nagekeo/297-kampung-adat-tutubhada
Comments
Loading...