Warning: unlink(/tmp/474ab38d254b7f2a73cd44ccb6f22411-KCaHKg.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Keindaha Wisata Alam Curug Cipongkor Sumedang

0 203

Curug Cipongkor

Curug Cipongkor merupakan salah satu curug yang ada di Kabupaten Sumedang. Curug ini termasuk curug tipe tunggal, artinya hanya ada satu air terjun yang ada di Curug Cipongkor ini. Aliran air curugnya sendiri tidak terlalu besar, namun tinggi. Letaknya cukup tersembunyi karena berada di sebuah ceruk tebing batu cadas yang menjulang tinggi. Di atas tebing batu cadas merupakan hutan Gunung Tugu yang di dalamnya terdapat monyet-monyet kecil. Di depan air terjun ini terhampar pesawahan berundak-undak. Untuk Curug Cipongkor ini terletak di Desa Ciherang, Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

Akses Menuju Curug Cipongkor

Untuk mengakses curug ini tidak ada cara lain kecuali harus menyusuri jalanan kecil (jalan setapak) yang digunakan oleh penduduk untuk pergi ke sawah. Jalan setapak yang disambung dengan pematang sawah serta saluran air yang digunakan untuk mengairi sawah penduduk. Sehingga, curug ini sangat cocok bagi pengunjung yang menyukai petulangan di alam bebas.

Bagi yang penasaran dan ingin mengunjungi Curug Cipongkor, bisa masuk ke kawasan ini dari jalan Raya Bandung-Sumedang. Jika naik kendaraan, turun di dekat SPBU Ciherang, kemudian masuk ke perkampungan melalui jalan kecil menanjak yang dibeton di seberang SPBU Ciherang. Selanjutnya bisa menanyakan kepada penduduk setempat, arah yang harus dilalui menuju ke Curug Cipongkor. Atau bisa minta diantar, karena tidak ada penanda atau penunjuk arah ke Curug Cipongkor.

Source Jalan Wisata sumedang
Comments
Loading...