Kebun Raya Gianyar Bali

0 45

Kebun Raya Gianyar

Kebun Raya Gianyar Bali merupakan salah satu wisata kebun bintang Kebun Raya Gianyar merupakan hutan ‘pingit’ yaitu hutan yang dikeramatkan, sehingga tidak ada aktivitas pengurangan vegetasi didalamnya, hal ini berpengaruh kepada tingginya keanekaragaman vegetasi hutan tersebut.

Luasan lokasi sekitar 9,7163 ha dengan ketinggian tempat 650-710 m dpl., berdekatan dengan area perkebunan jeruk dan permukiman penduduk. Kebun Raya Gianyar dengan tujuan spesifik yaitu konservasi tanaman upakara dengan tema “Taru Pramana dan Usada, Banten Bali Pulina (Tanaman upakara dan tanaman obat, yang digunakan dari zaman Bali kuno)”.

Hutan alami sejak ratusan tahun silam, sehingga cocok dikembangkan menjadi kebun raya. Pendirian kebun raya itu merupakan komitmen pemerintah dan masyarakat dalam melestarikan Hutan,Kebun Raya Gianyar akan banyak memberikan manfaat antara lain sebagai konservasi, pendidikan, penelitian, wisata, dan jasa lingkungan penghasil oksigen.

Sampai saat ini tidak ada kebun raya di dunia diubah menjadi mal atau hotel, sebab terbukti mampu memberikan manfaat bagi kehidupan bumi beserta penghuninya. Hal itu sesuai fungsi yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 93 Tahun 2011 tentang Kebun Raya. Untuk itu membangun kebun raya memerlukan proses panjang, yakni hingga tujuh tahun baru bisa berfungsi dan terbuka untuk umum.

Lokasi Kebun Raya Gianyar berada di Banjar Pilan, Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, Untuk anda yang ingin berwisata mengunjungi Kebun Raya Gianyar cukup mudah hanya mengikuti jalur Ubud – Payangan, menuju Desa Kerta Gianyar. Kebun raya ini di harapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebagai tempat pelestarian lingkungan flora dan fauna. Serta dapat memberikan da,pak sosial dan ekonomi kepada masyarakat setempat. Dan mengurangi pengangguran di Kabupaten Gianyar.

Source http://www.dasubalitours.com http://www.dasubalitours.com/kebun-raya-gianyar/
Comments
Loading...