Kebun Raya Eka Karya, Bali

0 59

Kebun Raya Eka Karya

Kebun Raya Eka Karya Bali ini adalah sebuah kebun botani atau taman botani tropis yang luas dan besar di pulau dewata, berlokasi di kawasan wisata Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, yang berada di bagian tengah pulau Bali kira-kira 56 km dari kota Denpasar. Kebun Raya ini adalah kebun raya yang didirikan oleh putra bangsa indonesia dan dikelola di bawah naungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Kebun Raya ini didirikan pada tanggal 15 juli 1959. Luas Daerah kebun raya sampai saat ini adalah seluas 157,5 Hektar. Tumbuhan yang tumbuh di kebun ini sangatlah beragam, disana juga sebagai tempat penelitian dan pengembangan berbagai tumbuhan yang langka. Selain sebagai pusat penelitian dan pengembangan, Kebun Raya ini juga sebagai tempat wisata yang sangat sejuk dan nyaman. Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini untuk bersantai dan melepas penatnya setelah seharian berkeliling Bali.

Hasil gambar untuk Kebun Raya Eka Karya, Bali

Nama dari kebun raya “Eka Karya” sendiri diusulkan oleh I Made Taman, “Eka” berarti satu dan “Karya” berarti Hasil Kerja. Kebun Raya Eka Karya bermakna sebagai Kebun Raya pertama yang didirikan bangsa Indonesia sendiri usai Indonesia merdeka. Di awal pendiriannya koleksi kebun raya ini banyak didatangkan dari Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Cibodas dengan mengkhususkan koleksi tanaman Gymnospermae atau tumbuhan berdaun jarum dari seluruh dunia, temasuk dari daerah Bali sendiri. Namun seiring dengan perkembangannya juga perubahan status dan luas kawasannya, kebun yang terdapat pada ketinggian 1.250–1.450 m dpl ini sekarang menjadi sebuah kawasan konservasi ex-situs bagi tumbuhan pegunungan tropika dari Kawasan Timur Indonesia.

Hasil gambar untuk Kebun Raya Eka Karya, Bali

Mulai dari pintu gerbangnya, Kebun Raya Eka Karya memiliki ciri khas Bali yang kental. Di antaranya lewat beragam patung-patung bertema pewayangan besar yang bukan hanya sebagai lokasi foto-foto, tapi juga seolah menyambut pengunjung yang datang. Kebun Raya Eka Karya Bali mempunyai beberapa koleksi tanaman yang dikelompokkan berdasarkan kekerabatannya. Beberapa contoh koleksi yang ada di antaranya adalah anggrek, kaktus, paku/pakis, bambu, dan palma.

Temperatur kebun raya pada siang hari antara 17-25° C dan pada malam hari antara 10-15° C dengan kelembaban dari 70-90%. Dikarenakan cuaca yang ada di kawasan kebun raya atau kawasan Bedugul pada umumnya sulit diprediksi maka dianjurkan bagi Anda untuk menyiapkan baju hangat, payung ataupun jas hujan sebelum mengunjungi objek wisata Kebun Raya Bedugul ini. Disini kita bisa bersantai sambil menikmati keindahan dan kesegaran udara dari kawasan wisata kebun raya. Berbagai jenis tanaman bisa anda lihat dan pelajari di sini.

Apalagi dengan penataan tumbuhan menurut sukunya yang mencerminkan hubungan kekerabatannya. Ada pula papan nama yang berisikan nama ilmiah, asal tanaman dan nomor akses yang berhubungan dengan database, yang akan mempermudah anda dalam mengenali tanaman tersebut. Kebun Raya Eka Karya juga menyediakan beberapa koleksi khusus seperti anggrek, kaktus, begonia, tumbuhan paku, tumbuhan air, tumbuhan obat, tumbuhan upacara adat dan mawar serta tanaman air.

Hasil gambar untuk Kebun Raya Eka Karya, Bali

Selain bisa menikmati segarnya tumbuh-tumbuhan hutan hujan tropis (tropical rain forest) kita juga bisa menikmati keindahan dan kicauan burung-burung yang ada di sekitar kebun raya ini. Dengan banyaknya tanaman di Kebun Raya Eka Karya ini, anda bisa menghirup oksigen sebanyak-banyaknya.  Dan untuk melengkapi wawasan anda, Kebun Raya Eka Karya juga menyediakan fasilitas perpustakaan yang buka pada jam kerja yakni pada hari Senin-Kamis, 07.00-15.00 WITA dan Jumat, 07.30-11.30 WITA. Selain itu disediakan pula jasa pemandu yang akan menjelaskan kepada anda tentang tanaman-tanaman tersebut.

Jika anda ingin merasakan petualangan, Kebun Raya Eka Karya mempersembahkan Bali Treetop Adventure Park dengan atraksi permainan dari pohon ke pohon yang terdiri dari 5 lintasan dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Kehadiran Bali Treetop Adventure Park merupakan kerja sama antara  Kebun Raya Eka Karya dengan PT. Awang-Awang Adventure dan telah menjadi taman petualangan terbesar di Asia Tenggara. Dengan banyaknya pepohonan, membuat Kebun Raya ini menjadi sangat sejuk dan asri. Walaupun mentari terik menyinari Kebun ini tidak akan terasa panas karena kesejukannya. Tempat ini juga bisa menjadi tempat pilihan piknik keluarga yang asyik, anda bisa duduk-duduk santai di atas luasnya padang rumput nan hijau.

Di Kebun Raya Eka Karya terdapat jalan beraspal yang mengitari wilayah kebun raya ini. Anda bisa berjalan-jalan sambil berfoto ria bersama keluarga atau teman-teman. Namun jika anda tidak mau capek-capek berjalan mengitari kebun raya ini. Akan anda panduan wisata berupa mobil yang akan mengelilingi Kebun Raya Eka Karya ini. Bagi anda pecinta fotografi, Kebun Raya Eka Karyamenjadi tempat yang menyenangkan bagi anda dengan berbagai pilihan spot foto. Anda tidak perlu ijin secara khusus kepada pengelola, kecuali jika kegiatan fotografi anda diperuntukkan pada acara-acara formal, seperti pernikahan, pertunangan, perayaan kelulusan, kegiatan kantor atau sejenisnya.

Hasil gambar untuk Kebun Raya Eka Karya, Bali

Dengan semua fasilitas dan keindahan yang ditawarkan Kebun Raya Eka Karya , jangan lewatkan untuk berkunjung ke sini jika anda berenaca berlibur ke Bali. Kebun Raya Bali melayani setiap hari mulai dari pukul 08.00 – 18.00 WITA. Hanya ketika hari raya Nyepi Kebun Raya Eka Karya tutup. Khusus untuk area anggrek, kaktus dan begonia akan tutup lebih awal demi alasan keamanan. Untuk tiketnya, anda hanya akan dikenakan sebesar Rp 7.000 dengan tiket parkir roda 2 Rp 3.000 dan  roda 4 Rp 6.000. Anda juga bisa berkeliling kebun raya dengan mobil hanya dengan tiket Rp 12.000.

Untuk menuju Kebun Raya Bali anda dapat menempuhnya melalui perjalanan darat selama sekitar kurang lebihnya satu setengah jam dari Kota Denpasar, atau sekitar 80 km ke arah utara Denpasar menuju arah Singaraja. Jika anda dari Kota Singaraja maka jarak yang akan anda tempuh sekitar 40 km ke arah selatan menuju Denpasar atau menempuh waktu kira-kira setengah jam perjalanan darat.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/bali/kebun-raya-eka-karya-berwisata-sambil-belajar-koleksi-tumbuhan-di-bali.html
Comments
Loading...