Kawasan Wisata Ekowisata Petungkriyono Pekalongan

0 170

Ekowisata Petungkriyono Pekalongan

Petungkriyono merupakan salah satu kecamatan di wilayah Kabupaten Pekalongan bagian selatan. Kawasan ini merupakan bagian dari Dataran Tinggi Dieng yang masih terjaga keasriannya. Memiliki luas wilayah sekitar 5.300 Ha dan ketinggian 500 – 2100 mdpl dengan bentang alam berupa gunung-gunung, hutan belantara, air terjun dan sungai-sungai dengan air yang jernih. Dari kota Kajen (Ibukota Kabupaten Pekalongan) dan Kota Pekalongan, Petungkriyono berada di sebelah selatan dengan jarak 30 km yang dapat dicapai dengan kendaraan umum maupun pribadi yang lewat di kecamatan Doro.

Lokasi Ekowisata Petungkriyono Pekalongan

Lokasi Petungkriyono ini berada Tlogopakis, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah 51193 tidak jauh pula dari obyek wisata Dataran Tinggi Dieng hanya berjarak sekitar 40 km yang dapat dicapai dari Kabupaten Banjarnegara lewat jalur Sibebek-Gumelem.

Keindahan Ekowisata Petungkriyono Pekalongan

Tempat ini sering dikunjungi para peneliti dari berbagai daerah bahkan peneliti dari luar negeri. Di tempat ini pula terdapat Sokokembang EcoAdventure, wahana menikmati keindahan alam Kampung Kopi Sokokembang sekaligus belajar mengenai konservasi dan pelestarian alam. Kelompok wisata alam terdiri dari Wisata Air Terjun Sibedug, Air Terjun Curug Bajing, Air Terjun Curugmuncar dan Kebun Strawberry Petungkriyono. Kelompok wisata sejarah terdiri dari Situs Gedong dan Situs Nogopertolo sebagai peninggalan zaman Mataram Hindu di Petungkriyono. Sedangkan kelompok wisata petualangan menyuguhkan wisata pendakian Gunung Kendalisodo yang terkenal dengan golden sunrise-nya serta Gunung Rogojembangan sebagai puncaknya Pekalongan.

Source wisata pekalongan
Comments
Loading...