Kawasan Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi Sumedang

0 223

Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi

Kawasan Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi merupakan salah satu wisata alam sekaligus mengenalkan pelestarian lingkungan kepada keluarga. Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi adalah sejak tahun 1976 di tetapkan sebagai hutan dengan fungsi Taman Buru yang merupakan satu-satunya taman Buru se jawa-Bali. Pada tahun 2009, WANADRI dan BBKSDA Jabar bekerjasama untuk mengoptimalisasi pengelolaan kawasan yang lestari.

Kawasan konservasi Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi seluas 12.420,70 hektar ini terletak pada area yang menjadi kewenangan tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang danKabupaten Garut. Sebagian besar area berada di Sumedang dan Garut. Jenis-jenis fauna yang ada di kawasan ini antara lain, Babi hutan , Rusa Tutul, Kijang , Anjing hutan , Macan tutul, Kucing hutan , Ayam hutan, Kukang , Bultok , Kera, Lutung dan Burung Walik. Sedangkan tumbuhan bawahnya terdiri dari tepus , Congok, Cangkuang , Angbulu, Anggrek Merpati, Anggrek Bulan , Kadaka, Pinus , Bambu , dan Kuren .

Lokasi Taman Buru Gunung Masigit

Taman Buru Gunung Masigit ini berada di Desa Leuwiliang, Tanjungwangi, Cicalengka, Tanjungwangi, Cicalengka, Fasilitasnya sendiri ada MCK di bawah, ada listrik, , sleeping bag, kompor gas. Ada juga aula untuk makan, panggung hiburan. Apabila anda membawa rombongan lebih dari 30 orang anda bisa bikin tenda di bawahnya karena kapasistas lahannya sangat luas.

Harga Tiket Taman Buru Gunung Masigit

Untuk anda yang ingin berkemah di Camping ground , anda bisa menyewa lokasi dengan donasi Rp.800.000 /malam. Di lokasi ini juga menyewakan tenda , apabila anda tidak ingin membawa tenda, di kenakan biaya Rp.80.000/malam dengan kapasitas 4 orang. Sementara itu untuk tenda kapasitas 10 orang di kenakan donasi Rp.175.000/malam.

Rute Menuju Taman Buru Gunung Masigit

Rute menuju Jl. Soekarno-Hatta, lurus terus sampai Cileunyi dan ikuti terus jalan menuju ByPass Cicalengka. Sekitar 2 km dari awal jalan ByPass Cicalengka, terdapat petunjuk arah ke Curug Cinulang. Ikuti petunjuk jalan tersebut. Sebelum atau sepulang dari TBMK, kamu juga bisa berkunjung ke Curug Cinulang atau Pondok Wisata Aki Enin yang lokasinya di jalur yang sama dengan TBMK. Sekitar 2 km dari Curug Cinulang, akan ada pertigaan kecil, kemudian ambil jalan ke kiri. Setelah menempuh perjalanan hampir 2 jam lamanya, saya pun tiba di TBMK, dan di tempat parkir langsung bayar tiket masuk seharga Rp. 7500,- per orang (kalau weekday Rp. 5000,-).

Source Jalan Wisata sumedang
Comments
Loading...