Kawah Ilalang : Pemandangan Hijau Rerumputan dan Pepohonan di Bondowoso

0 43

Kawah Ilalang

Kota Bondowoso yang bagi sebagian besar dikenal sebagai kota mati, kota pensiun, ternyata menyimpan pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satu dari The Hidden Little Paradise itu adalah Kawasan Lawang Seng, atau Kawah Ilalang. Kawah Ilalang berada di Dusun Curah Macan, Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso, Jawa Timur.

   

Tempat ini bukanlah sebuah kawah yang mengeluarkan gas belerang layaknya kawah pada umumnya, melainkan sebuah perbukitan yang membentuk seperti kawah, karakteristik dari Kawah Ilalang hampir sama dengan Kawah Wurung yang terletak di sebelahnya. Di kawasan Kawah Ilalang banyak ditumbuhi oleh tanaman ilalang, oleh karena itu tempat keren ini dinamakan Kawah Ilalang. Pemandangan di lokasi ini tak perlu diragukan lagi, sangat cocok untuk menyegarkan mata dengan sejauh mata memandang akan terlihat hamparan rerumputan hijau.

Kawah Ilalang tak hanya menawarkan pemandangan ilalang dan rumput saja, melainkan disini Anda juga bisa melihat Kawah Wurung dari sudut pandang berbeda, gunung Raung yang terlihat kokoh beridiri hingga gunung Ijen yang terletak di Banyuwangi. Masyarakat sekitar lebih mengenal tempat ini dengan nama Bukit Glaman atau Lawang Seng. Ada keunikan tersendiri di Kawah Ilalang. Jika ada hembusan angin di lokasi tersebut seakan terdengar pantulan angin bagaikan auman singa.

Tempat tersebut belum banyak banyak dijamah tangan wisatawan. Perjalanan ke sana merupakan sebuah perjuangan. Penuh rintangan karena medan yang sangat begitu sulit. Jalan menuju lokasi tidaklah mulus, Anda harus melewati jalan berupa tanah yang akan becek dan berlumpur saat musim hujan.

Tak hanya itu, setelah Anda sampai di desa terdekat, Anda harus mendaki ke bukit terjal di sisi Kawah Ilalang dengan waktu sekitar 30 menit. Dari atas situ Anda bisa melihat ke bawah, di sana Anda akan dimanjakan oleh kawasan Kawah Ilalang yang asri, sejuk, dan indah dengan kapasnya yang memutih (pada musim hujan) dan menguning (pada saat musim kemarau).

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/jawa-timur/kawah-ilalang-surga-tersembunyi-bondowoso-jawa-timur.html
Comments
Loading...